Dapodik Bermasalah, Siswa SD di Wakatobi Ingin Ikut Ujian

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 20 Januari 2020
0 dilihat
Dapodik Bermasalah, Siswa SD di Wakatobi Ingin Ikut Ujian
Serli saat mengikuti proses belajar mengajar di Kelas VI SDN 3 Pongo. Dia punya keinginan besar mengikuti ujian Nasional, Namun

" Awalnya tahun 2018 dia dibawa oleh orang tua angkatnya ke sekolah ini sebagai murid titipan, tanpa ada data layaknya siswa pindahan lain. Tapi dia memiliki kemauan belajar yang luar biasa sehingga kami mengikutkan dia terus belajar di sekolah kami. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Serli, siswa kelas VI SD Pongo 3 Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra, terkendala Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk mengikuti ujian akhir nanti.

Baca Juga: Beredar Video Seseorang Diamuk Massa, Kapolres: Isu Kanibal yang Beredar Hoax

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala SDN Pongo 3 Wangi-wangi, Abd Maafi, menjelaskan, awal mula Serli bersekolah sejak 2018 hanya sebagai siswa titipan, yang dititipkan oleh orang tua angkatnya, warga Wakatobi.

"Awalnya tahun 2018 dia dibawa oleh orang tua angkatnya ke sekolah ini sebagai murid titipan, tanpa ada data layaknya siswa pindahan lain. Tapi dia memiliki kemauan belajar yang luar biasa sehingga kami mengikutkan dia terus belajar di sekolah kami," ungkap Abd Maafi.

Serli adalah putri asal Papua yang dititipkan oleh orang tua kandungnya kepada warga Wakatobi yang bekerja di Papua.

Dinas Pendidikan Wakatobi telah mengkonfirmasi terkait Serli dan kendala sehingga Serli tidak terdaftar di Dapodik

"Kami baru mendapatkan informasi soal Serli. Siswa ini ke Wakatobi tanpa membawa surat pindah sekolah dan data lainnya sehingga pihak sekolah mempunyai kendala mendaftarkan di Dapodik," ungkap Aliwangi, Kadis Pendidikan Wakatobi.

Dinas Pendidikan dan pihak sekolah terus berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk orang tua angkatnya agar data awal dimana Serli bersekolah dapat diketahui sehingga memudahkan Serli didaftarkan di Dapodik.

"Kami terus berusaha agar Serli dapat mengikuti ujian. Dia punya semangat belajar dan bersekolah," ungkap Abd Maafi.

Reporter: M6
Editor: Rani

Baca Juga