Viral, Aksi Nekat Seorang Pria di Monas, Anggota TNI AL Gadungan dan Ngaku Pendeta

Ahmad Jaelani

Reporter

Minggu, 29 September 2024  /  4:21 pm

Pemuda bernama Jefri Ga Koro, nekat menyamar menjadi TNI AL gadungan. Foto: Screenshoot video

JAKARTA, TELISIK.ID - TNI AL gadungan bernama Jefri Ga Koro berhasil diamankan di Monas, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/9/2024). Jefri, yang diketahui berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT), nekat mengikuti rangkaian gladi upacara HUT ke-79 TNI.

Aksi nekatnya ini menjadi viral setelah videonya beredar luas di media sosial. Dalam video tersebut, Jefri terlihat mengenakan seragam lengkap TNI AL dan memperkenalkan dirinya sebagai pendeta Letda Jefri Ga Koro, seorang sarjana Teologi.

"Shalom selamat siang, izinkanlah saya memperkenalkan nama saya Pendeta Letda Jefri GA Koro, sarjana Teologi. Dengan NRP 220601, saya dari Kodilata," ujar Jefri dalam video yang diunggah di akun Instagram @jurnalimiliter, Minggu (29/9/2024).

Tidak berhenti di situ, Jefri kemudian berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan gaya yang tidak jelas dan membingungkan.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Apresiasi Pengamanan Polres dan TNI di Deklarasi Pemilukada Damai 2024

"This hari kemerdekaan republik yang ke 79 ada satu kata-kata yang membuat bahagiakan untuk Indonesia, biarlah Indonesia, tetap semangat Indonesia tetap teguh dan tangguh untuk apa pun yang melakukan," ucap Jefri di depan Monas.

Mengutip Inews.id, tindakan nekatnya ini membuat sejumlah orang di lokasi terkejut. Dalam video yang viral, terlihat Jefri mengikuti rangkaian kegiatan gladi HUT TNI.

Baca Juga: Kilas Balik Terbentuknya TNI AL, Mulai dari BKR hingga Armada Laut Modern

Penampilannya yang berpakaian seragam lengkap sempat menipu beberapa orang di sekitar Monas. Namun, tidak lama setelah itu, Provos TNI AL segera menangkap Jefri untuk diperiksa lebih lanjut.

Setelah diamankan, Jefri mengaku bahwa dirinya bukan anggota TNI AL yang sah. Namun, alasan dan motif di balik aksinya hingga kini masih didalami oleh pihak berwenang. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor:  Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS