adplus-dvertising

Mulai Dikerjakan, Rujab Bupati dan Wabup Kolut Rampung Desember 2022

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 20 Mei 2022
462 dilihat
Mulai Dikerjakan, Rujab Bupati dan Wabup Kolut Rampung Desember 2022
Lokasi pembangunan Rujab Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara di Desa Lanipa-nipa, Kecamatan Katoi. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Pembangunan rujab bupati dan wabup Kolaka Utara saat ini proses pengerjaannya sudah mulai berjalan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak dimekarkan menjadi daerah otonom baru 17 tahun lalu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) belum juga memiliki Rumah Jabatan (Rujab) untuk bupati dan wakil bupati yang sifatnya permanen.

Untuk itu, pasca pembangunan talud Bandar Udara (Bandara) Kolut tahun lalu, tahun ini Pemkab Kolut menjadikan pembangunan dua rujab tersebut sebagai skala prioritas pembangunan infrastruktur.

Di samping pengaspalan ruas jalan Desa Majapahit-Desa Lanipa, Kecamatan Pakue Tengah, sambungan ruas jalan aspal Totallang-Latawaro, serta pembangunan irigasi di Desa Salulotong dan Pasampang, Kecamatan Pakue Tengah.


Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolut, Mukramin, SE, MM, untuk pembangunan rujab bupati dan wabup saat ini proses pengerjaannya sudah mulai berjalan.

"Sesuai hasil penetapan pemenang oleh Pokja atau ULP, proyek pembangunan rujab bupati dimenangkan CV Bintang Pembangunan dengan nilai kontrak  Rp 8.571.627.000 dan jangka waktu pelaksanaan per tanggal 26 April 2022 sampai dengan tanggal 21 Desember 2022," kata Kadis PUPR, Kamis (19/5/2022).

Sementara pembangunan rujab wakil bupati, lanjutnya, dimenangkan CV Algi Fari dengan nilai kontrak Rp 6.707.622.000 dengan jangka waktu pelaksanaan yang sama.

Baca Juga: 2 Pelajar Asal Buton Ikut Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional

Kata dia, pembangunan rujab bupati dilakukan dua tahap. Meski demikian, tahap kedua tinggal tahap finishing atas beberapa item yang belum dapat dibenahi di tahap pertama.

"Untuk bangun utuh tahun ini sudah selesai dengan nilai kontrak yang ada. Insya Allah nanti di tahun 2023 kekurangannya akan kita anggarkan sehingga rujab bupati sudah bisa dimanfaatkan," terangnya.

Lebih lanjut Mukramin menuturkan jika terdapat perubahan gambar utuh untuk rujab bupati dan sesuai hasil revisi atau koreksi kembali tentang gambar utuh rujab tersebut anggarannya sekitar Rp 12 miliar.

"Untuk rujab wabup sudah tidak ada masalah, antara gambar RAB dengan nilai kontrak yang telah kita tandatangani bersama dengan pihak rekanan. Jadi rujab wabup tahun ini sudah selesai dan bisa digunakan. Termasuk sebenarnya rujab bupati bangunannya sudah utuh hanya ada beberapa kegiatan finishing yang belum tuntas," tukasnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan dua rujab tersebut, Syahrul, ST menjelaskan, tahap finishing yang dimaksud seperti plafon dan jendela rujab.

Baca Juga: Ruangan Kabid Trantib Satpol PP Disegel Gegara Tidak Bayar Honor Anggota

"Kalau dipersentasekan, pembangunan rujab bupati tahap pertama sudah mencapai 85 persen," tambahnya.

Kata Syahrul, secara keseluruhan lokasi pembangunan dua rujab tersebut mencapai satu hektar lebih.

Diketahui, lokasi pembangunan rujab bupati dan wabup terletak di bukit Leppeloang, Desa Lanipa-nipa, Kecamatan Katoi, tepatnya di jalur by pass Lasusua-Tobaku. (B-Telisik)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga