Viral, Presenter TV Sebut Timnas Indonesia dengan Garuda Bule Picu Murka Netizen

Ahmad Jaelani

Reporter

Rabu, 09 Oktober 2024  /  6:49 pm

Presenter Nusantara TV, Donny de Keizer. Foto: YouTube@Nusantara TV

JAKARTA, TELISIK.ID - Pernyataan kontroversial dari Donny de Keizer, presenter Nusantara TV, menuai reaksi keras dari netizen. Ucapannya yang menyebut Timnas Indonesia sebagai "Garuda Bule" saat siaran langsung telah menjadi viral.

Netizen pun merasa tersinggung karena istilah tersebut dinilai tidak pantas digunakan untuk tim sepak bola kebanggaan nasional.

Donny menggunakan istilah itu ketika membahas banyaknya pemain keturunan di Timnas Indonesia, yang menurutnya lebih mencerminkan citra ‘bule’ dibandingkan Garuda asli.

Dikutip dari suara.com jaringan telisik.id, Rabu (9/10/2024), komentar Donny disampaikan dalam sebuah diskusi sepak bola bersama dua pengamat, Binder Singh dan Anton Sanjoyo. Saat itu, ia dengan santai mengucapkan istilah "Garuda Bule" berkali-kali tanpa ragu.

Baca Juga: Ternyata Ini Ketua Umum Parpol Dipolisikan Usai Aniaya Wanita Muda, Laporan Langsung Dicabut

Para penonton yang menyaksikan siaran tersebut pun langsung merespons dengan keras di kolom komentar YouTube. Mereka merasa ucapan tersebut menghina dan meremehkan perjuangan para pemain yang telah memberikan kontribusi besar bagi Timnas Indonesia.

Netizen tidak tinggal diam. Mereka menilai bahwa istilah "Garuda Bule" yang diucapkan Donny de Keizer adalah sebuah penghinaan, terutama bagi para pemain keturunan seperti Thom Haye dan Mees Hilgers.

Meskipun memiliki darah campuran, para pemain ini tetap memiliki akar Indonesia dari salah satu orang tua atau kakek nenek mereka, sehingga berhak bermain di Timnas Indonesia tanpa perlu disebut "bule".

Salah satu komentar netizen menyoroti hal ini dengan tegas. "Ngapain coba host kalian ngatain 'Garuda Bule', nggak ada yang namanya 'Garuda Bule'. Ati-ati channel kalian lagi di pantau, apalagi hostnya, lagi pada mau silaturahmi," tulis seorang netizen.

Selain itu, ada juga komentar yang mengingatkan bahwa pemain naturalisasi bukan lagi dianggap orang asing, tetapi sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Kata-kata naturalisasi tolong jangan dibawa-bawa lagi. Naturalisasi itu proses ya, mereka sudah jadi WNI, mereka warga Indonesia keturunan," ujar netizen lainnya dengan nada protes.

Protes keras ini terus berlanjut di media sosial. Beberapa bahkan meminta agar Nusantara TV memberikan klarifikasi terkait pernyataan Donny yang dinilai merendahkan martabat pemain-pemain Timnas.

Baca Juga: Dua Periode Kepemimpinan Jokowi, Lima Polda Baru dan 615 Polres Terbentuk

Para pemain seperti Thom Haye dan Mees Hilgers dianggap sudah berjuang maksimal demi membawa Garuda terbang tinggi di kancah internasional. Penyebutan "Garuda Bule" dianggap tidak adil dan merendahkan prestasi mereka.

Tak hanya itu, kritik juga diarahkan pada bagaimana media harus lebih berhati-hati dalam memilih kata dan tidak memancing polemik di tengah usaha Timnas Indonesia yang sedang berjuang untuk meraih tiket ke Piala Dunia 2026.

"Maaf untuk hostnya, janganlah pake istilah 'Garuda Bule', mereka itu WNI sah menurut hukum, bukan orang asing, tolong diperhatikan," tulis netizen lain yang meminta agar Nusantara TV segera mengklarifikasi.

Sementara itu, di tengah polemik ini, Timnas Indonesia tetap fokus pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka akan menghadapi tuan rumah Bahrain dalam pertandingan berikutnya. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS