5 Ribu Lebih Buruh Pabrik Rokok di Jawa Timur Kebagian BLT

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
5 Ribu Lebih Buruh Pabrik Rokok di Jawa Timur Kebagian BLT
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku wakil pemerintah menyerahkan BLT kepada buruh pabrik rokok dimana masing-masing buruh mendapatkan Rp 1,5 juta. Foto: Ist.

" Sebanyak 5.030 buruh pabrik rokok di Jawa Timur menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah yang diperoleh dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 5.030 buruh pabrik rokok di Jawa Timur menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah yang diperoleh dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

"Kami berharap bantuan ini tepat sasaran, tepat manfaat serta memberikan dampak positif bagi penerima bantuan maupun keluarganya. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (26/8/2023).

Penyerahan BLT ini didasarkan pada Permenkeu RI No. 215/PMK.07/2021 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT serta Pergub Jatim No. 71 Tahun 2022 tentang Alokasi DBHCHT kepada Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota di Jatim tahun 2023.

"Pemanfaatan anggaran DBHCHT tidak hanya menyejahterakan masyarakat, tetapi juga berpengaruh di sektor kesehatan dan sektor penegakan hukum sesuai Peraturan Menteri Keuangan," katanya.

Disebutkan Khofifah, Provinsi Jatim memperoleh alokasi DBHCHT dari penerimaan negara senilai Rp 3,07 triliun. Yang mana alokasi tersebut telah dianggarkan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara tahun anggaran 2023.

Baca Juga: BLT Rp 900 Ribu Cair Sebelum Lebaran, Ambil di Kantor Pos Terdekat Pakai Ini

Secara keseluruhan, buruh pabrik rokok penerima BLT tahun 2023 sebanyak 9.259 orang yang tersebar di 54 perusahaan di 38 kabupaten/kota se-Jatim.

"Kali ini, lima perusahaan di wilayah Surabaya mengawali penyaluran BLT dan selanjutnya akan dilaksanakan di perusahaan masing-masing kepada total 4.229 pekerja pabrik rokok," katanya.

Baca Juga: Tukang Ojek dan Nelayan Muna Barat Akan Nikmati BLT BBM

Dari jumlah tersebut, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 13,88 miliar dengan nominal jumlah bantuan yang diterima masing-masing sebesar Rp 300 ribu sebanyak lima kali yang dicairkan sekaligus dalam satu tahap. Sehingga total bantuan yang diterima setiap buruh pabrik rokok lintas wilayah sebesar Rp 1,5 juta.

Sementara itu, penerima BLT, Winarsih (49) mengaku bersyukur atas bantuan langsung tunai yang diberikan Gubernur Khofifah. Ia mengaku, nantinya BLT itu akan digunakan untuk biaya sekolah anak-anaknya.

"Terima kasih pemerintah khususnya Ibu Khofifah, BLT ini sangat bermanfaat untuk kami dan keluarga. Menjadi tambahan biaya sekolah anak-anak," katanya singkat. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga