7 Hari Jelang dan Pasca Lebaran, Basarnas Tingkatkan Pengawasan

Andi Sulthan Mujahidin, telisik indonesia
Kamis, 08 April 2021
0 dilihat
7 Hari Jelang dan Pasca Lebaran, Basarnas Tingkatkan Pengawasan
Basarnas Kota Kendari. Foto: Ist.

" Siaga Sat khusus ini berbeda dengan siaga biasa atau yang 24 jam, kalau siaga biasa kita standby di Kantor. "

KENDARI, TELISIK.ID - Basarnas Kota Kendari melakukan siaga SAR khusus saat mendekati lebaran. Ini dilakukan mines 7 hari sebelum lebaran dan 7 hari pasca lebaran.

Humas Basarnas Kota Kendari, Wahyudi mengatakan, SAR khusus ini menyediakan tim yang mobile dalam rangka memantau arus mudik pada terminal, bandara, dan pelabuhan.

Sedangkan pada saat hari-hari libur tertentu, Basarnas Kota Kendari menempatkan tim untuk berjaga di posko tempat-tempat rekreasi yang ramai dan berpotensi terjadi kecelakaan.

"Siaga SAR khusus ini berbeda dengan siaga biasa atau yang 24 jam, kalau siaga biasa kita standby di Kantor," tambahnya.

Baca juga: Razia Kemenkumham Sultra Temukan Berbagai Barang Terlarang

Lebih lanjut, Wahyudi juga menyampaikan, untuk alat yang dimiliki oleh Basarnas selalu dilakukan pengecekan dan perawatan. Masing-masing alat tersebut di tempatkan di unit SAR yang tersebar di Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Kita memiliki 3 kapal. Satu ditempatkan di dermaga Basarnas, Baubau, dan Kolaka. Kita juga memiliki perahu karet dengan bahan fiber dan di samping itu karet (Rib) dengan jumlah 5 buah dan alat-alat penyelamatan lainnya," ungkapnya.

Olehnya itu, Wahyudi menghimbau agar masyarakat meningkatkan kesadaran pada hal-hal kecil seperti, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan saluran air di sekitaran rumah, memotong pohon-pohon yang sudah rimbun atau sudah tua.

Sementara untuk yang beraktivitas di laut, agar selalu memperhatikan kondisi kapalnya layak jalan, serta mengecek alat komunikasi pada kapal.

"Sampah itu penting untuk diperhatikan, begitupula radio kapal, GPS, dan alat apung. Minimal jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bisa dihubungi," pungkasnya. (B)

Reporter: Andi Sulthan Mujahidin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga