Ada Busana China di Uang Pecahan Rp 75 Ribu, Netizen Ini Banjir Hujatan

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 18 Agustus 2020
0 dilihat
Ada Busana China di Uang Pecahan Rp 75 Ribu, Netizen Ini Banjir Hujatan
Hoax foto pakaian adat China di uang baru pecahan Rp 75 ribu. Foto: Repro Google.com

" Kalau tidak salah, pakaian adat suku Tidung Kalimantan Utara. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Heboh baju Adat China di uang pecahan Rp 75 Ribu, ternyata pakaian suku pedalaman di Pulau Kalimantan.

Bank Indonesia merilis uang pecahan edisi terbatas khusus merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Namun, netizen dibuat heboh dengan satu gambar baju adat di uang pecahan Rp 75 ribu tersebut yang jarang dikenali.

Kebanyakan netizen mengira, itu adalah baju adat China, namun ternyata merupakan baju adat salah satu suku asli di Kalimantan.

Seorang warganet menilai bahwa desain dalam uang pecahan Rp 75 ribu yang baru saja dirils Bank Indonesia memuat pakaian adat dari China.

Analisis itu seketika langsung menuai cibiran publik yang geram karena sebenarnya gambar tersebut adalah pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia

Uang pecahan Rp 75 ribu yang dirilis Bank Indonesia tepat di Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia sudah menghebohkan masyarakat.

Banyak yang terpukau dengan desain uang pecahan yang direncanakan akan dicetak sebanyak 75 juta lembar tersebut.

Dalam salah satu sisinya, tergambar sejumlah anak yang menggunakan pakaian adat yang mewakili daerah-daerah di Nusantara.

Dilansir suara.com, seorang warganet yang meneliti satu per satu pakaian adat pun bertanya tentang salah satu model pakaian yang ia tak tahu.

Baca juga: Jaksa Kasus Novel Baswedan Meninggal Akibat COVID-19

"Ini uang pecahan 75000 yang dikeluarkan BI hari ini. Itu yang tengah pakaian adat mana ya ada yang tahu?" tanya pengguna Twitter @Rianaaa_na09.

Pertanyaan ini menuai banyak respons dari pengguna Twitter lainnya hingga mendapat 210 jawaban.

Namun, salah seorang warganet menuliskan sebuah jawaban yang membuat publik tercengang. Ia menyebut bahwa pakaian adat dalam pecahan 75000 itu adalah dari China.

"Itu mah jelas adat China.. selama ane belajar di sekolah sampai sekarang, baru tahu ada baju adat kayak bangsa China. #PantasNGOTOT bikin uang 75 ribuan," tulis akun @SalimBo77555895.

Sontak jawaban SalimBoy itu membuat publik tercenung. Tak jarang yang menganggap bahwa warganet tersebut terlalu sensitif dengan hal-hal berbau China.

"Sensi amat sama China HP lu dari China tong, enggak lu buang aja tong," komentar seorang pengguna Instagram.

"Ngakak, rekam jejakmu tertinggal dan menyisakan bully," imbuh komentar pengguna Instagram lain.

"Pakaian adat jadi masalah, logo yang enggak salah pun dimasalahin, mereka kayaknya butuh belajar tentang Indonesia lebih banyak," tulis warganet lain.

Sementara itu ada pula warganet yang berupaya menjelaskan mengenai pakaian adat yang ditanyakan.

"Kalau tidak salah, pakaian adat suku Tidung Kalimantan Utara," jelas akun @plongokio.

Baca juga: Ini Syarat Punya Uang Baru Rp 75 Ribu

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 17 Agustus 2020, meluncurkan uang rupiah baru dalam rangka memperingati kemerdekaan yang ke-75 tahun Republik Indonesia. Uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi melainkan edisi khusus untuk dikoleksi.

BI menyatakan, pada bagian muka filosofi desain uang tersebut adalah mensyukuri dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 oleh proklamator Insinyur Soekarno dan Doktorandus Mohammad Hatta.

Berdasarkan penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim bahwa terdapat baju adat Tiongkok, China, pada gambar pecahan uang 75 ribu rupiah adalah salah. Faktanya, Baju tersebut merupakan baju adat dari Suku Tidung, Kalimantan Utara.

Salah satu akun facebook @/sejarahtidung turut mengunggah foto seorang anak yang memakai baju adat Suku Tidung dengan disandingkan foto uang pecahan Rp 75 ribu.

Suku Tidung merupakan suku yang tanah asalnya berada di bagian utara Pulau Kalimantan (Kalimantan Utara). Suku ini juga merupakan anak negeri di Sabah, jadi merupakan suku bangsa yang terdapat di Indonesia maupun Malaysia (negeri Sabah).

Suku Tidung sendiri memiliki identitas lain yang merujuk pada konteks budaya yaitu melalui pakaian adat. Pakaian adat yang terdiri Pelimbangan dan Kurung Bantut (Pakaian Sehari-hari), selampoy (pakaian adat), Talulandom (pakaian resmi), dan Sina Beranti (pakaian Pengantin).

Proses rekonstruksi pakaian adat sebagai identitas etnis Suku Tidung Ulun Pagun menemukan momen yang tepat seiring dengan perubahan status Tarakan dari kota administratif menjadi kotamadya, dimana pakaian tersebut kemudian “diakui” sebagai pakaian daerah kota Tarakan.

Pakaian Adat Suku Tidung sebagai identitas etnis dan sekaligus sebagai identitas daerah kota Tarakan.

Bukan baju adat Thiongkok Cina. Baju yang dikenakan anak dalam gambar di pecahan uang Rp 75 ribu tersebut adalah baju adat Suku Tidung, Kalimantan Utara.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga