Benahi Fasilitas, Pemda Buton Optimis Wujudkan Olahraga Prestasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 22 Agustus 2022
0 dilihat
Benahi Fasilitas, Pemda Buton Optimis Wujudkan Olahraga Prestasi
Bupati Buton, La Bakry saat menerima piala bergilir prokab. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton memberikan kesempatan bagi semua generasi muda daerah yang mau mengukir prestasi di bidang olahraga "

KENDARI, TELISIK.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton memberikan kesempatan bagi semua generasi muda daerah yang mau mengukir prestasi di bidang olahraga.

Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si mengatakan, salah satu visi misi pemda dalam bidang olahraga adalah membawa berbagai cabang olahraga daerah menjadi olahraga prestasi baik di tingkat lokal, nasional, hingga internasional.

Apalagi saat ini, kata dia, Kabupaten Buton menyumbangkan atlet-atet daerah untuk mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara. Bahkan secara umum, banyak atlet nasional yang mengharumkan nama Indonesia berasal dari Sultra.

Olehnya itu, ia menambahkan, Pemda Buton terus berupaya untuk bisa memajukan olahraga daerah. Walaupun belum bisa menjadi olahraga profesional, tapi bisa menjadi olahraga prestasi.

Suasana pelaksanaan prokab di Buton. Foto: Ist.

 

Diketahui, olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, sistematis, terpadu, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Sementara olahraga profesional adalah olahraga yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk uang atau bentuk lain yang didasarkan atas kemahiran berolahraga.

Baca Juga: Diduga Ilegal, Aktifitas Penambangan Galian C di Baubau Marak Terjadi

“Visi misi kita bahwa prinsipnya di Buton adalah olahraga daerahnya menjadi olahraga prestasi. Karena untuk olahraga profesional mungkin masih jauh, tapi kita terus berupaya membina para atlet menjadi olahragawan prestasi atas nama daerah,” kata La Bakry, belum lama ini.

Untuk mewujudkan target tersebut, Pemda Buton telah membangun berbagai sarana dan prasarana beberapa cabang olahraga yang menjadi minat anak muda daerah.

Bupati Buton, La Bakry saat menghadiri pembukaan turnamen perahu. Foto: Ist.

 

Salah satunya dengan menjadikan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022. Dengan menjadi tuan rumah, maka berbagai fasilitas olahraga dibangun, di antaranya adalah pembangunan Gedung olahraga (GOR), lapangan sepak bola, lapangan bola, voli pantai, tenis, dan sebagainya.

“Kami terus mengembangkan olahraga di Buton. Makanya kita fasilitasi anak muda berolahraga seperti sepak bola, voli, dayung dan sebagainya. Jadi kita terus dukung olahraga yang diminati anak muda Buton,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kualitas dan prestasi para atlet ini, Pemda Buton sangat mendukung untuk terus diadakan kompetisi atau pertandingan olahraga.

Bupati Buton, La Bakry bersama jajarannya pada turnamen futsal. Foto: Ist.

 

“Untuk menjaga kualitas para atlet ini harus sering diadakan kompetisi dan juga didukung dengan pembiayaan, karena tanpa pembinaan sulit untuk mendapatkan atlet berprestasi,” pungkasnya.

Olehnya itu, melalui perhelatan Porprov 2022 ini diharapkan dapat mendorong para atlet daerah untuk meningkatkan kualitas diri dan skillnya. Dengan begitu, Buton tidak hanya sukses pelaksanaan, tapi juga sukses prestasi.

“Dengan persiapan yang sudah kita lakukan sejak lama, kami optimis bisa menghelat porprov dengan sangat baik dan maksimal dengan target besar yaitu menjadi juara umum," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Buton, La Ode Abdul Zainudin Napa, belum lama ini.

Baca Juga: Polres Muna All Out Amankan Peserta Sail To Indonesia

Sebelumnya, Ketua Harian KONI Sultra, Suwandi Andi mengungkapkan, perhelatan porprov tahun ini bakal ada 35 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan.

"Itu sudah disepakati bersama oleh seluruh pengurus olahraga seluruh kabupaten/kota se-Sultra. Bahkan untuk penentuan berapa nomor yang bakal dipertandingkan, itu sudah ditentukan. Jadi seluruh atlet hanya tinggal mempersiapakan diri, berlatih untuk bertanding di porprov tahun ini," jelasnya.

Namun dari total 35 cabor yang dipertandingkan, bakal ada 18 pertandingan yang akan dilaksanakan di Kabupeten Buton selaku tuan rumah porprov bersama Kota Baubau.

Adapun atlet yang akan terpilih mengikuti porpov tahun ini telah dipersiapkan, salah satunya melalui seleksi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Sulawesi Tenggara 2022 yang dilaksanakan pada Maret lalu. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga