DPRD Muna Barat Diprediksi Diisi Oleh Wajah Baru

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 16 Februari 2024
0 dilihat
DPRD Muna Barat Diprediksi Diisi Oleh Wajah Baru
DPRD Muna Barat akan banyak diisi oleh wajah baru. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Berdasarkan perolehan suara sementara di tiga daerah pemilihan (dapil), DPRD Muna Barat diprediksi akan diisi oleh wajah-wajah baru "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pemilihan anggota DPRD Kabupaten Muna Barat memperebutkan 20 kursi. Berdasarkan perolehan suara sementara di tiga daerah pemilihan (dapil), DPRD Muna Barat diprediksi akan diisi oleh wajah-wajah baru.

Diketahui, untuk Dapil I yang meliputi Kecamatan Sawerigadi, Kecamatan Kusambi, dan Kecamatan Napano Kusambi, memperebutkan 6 kursi.

Untuk Dapil II yang meliputi Kecamatan Barangka, Kecamatan Lawa, Kecamatan Wadaga, dan Kecamatan Tiworo Selatan, sebanyak 7 kursi.

Selanjutnya, untuk Dapil III meliputi Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kecamatan Tiworo Tengah, Kecamatan Tiworo Utara, dan Kecamatan Maginti, memperebutkan 7 kursi.

Dari penelusuran Telisik.id, ada beberapa partai yang memiliki peluang lolos di parlemen yaitu Dapil 1 PDIP, PKB, Golkar, Demokrat, NasDem dan PPP. Dari enam partai tersebut, masih akan kembali memperebutkan suara, sebab salah satu TPS di Desa Lapokainse, akan menggelar PSU.

Caleg yang berpotensi yaitu La Ode Aca dari Partai Golkar memperoleh suara sementara sebanyak 800 lebih dengan total suara partai Golkar 1.200.

Baca Juga: Puluhan Incumbent Tersingkir, Banyak Wajah Baru Dipastikan Isi Kursi DPRD Muna

Menyusul La Ode Sariba dari Partai NasDem dengan perolehan suara sementara sebanyak kurang lebih 1.000, serta Agung Darma dari Partai Demokrat memperoleh suara sebanyak kurang lebih 1.000.

Sementara itu di Dapil II, PDIP memperoleh suara sebanyak 4.226, caleg La Ode Harlan Sadia memimpin suara terbanyak sebanyak 1.215 dan menyusul Rafiudin memperoleh suara sebanyak 1.048.

"Data quick count real dari data tiap TPS yang ada di Dapil II," ujar salah satu tim quick count PDIP Xapil II Muna Barat, Ichlas.

Selanjutnya, untuk PKB, total suara yang diperoleh kurang lebih 2.500, dimana caleg La Ode Amin memperoleh suara sebanyak kurang lebih 1.200.

Partai Golkar total suara yang diperoleh sebanyak 2.500 lebih dengan caleg Supu Alimin memperoleh suara sebanyak 1.200 lebih. Sementara itu, Partai NasDem masih diperebutkan oleh La Ode Insafu dan Ahmad Abas Karib perebutkan perolehan suara terbanyak.

Selanjutnya, Demokrat dengan total suara sebanyak 1.200 lebih dengan caleg Baitul Makmur memimpin suara terbanyak yaitu 800 lebih serta PBB, PKS, dan Gerindra memperebutkan kursi terakhir di Dapil II.

Sementara untuk Dapil III ada beberapa partai mencuat yaitu Angga dari PDIP dengan perolehan suara sebanyak 1.600, PKB dengan total 3.010 dengan caleg Burhanuddin meraih suara terbanyak 1.200 lebih, NasDem, dan Gerindra, sehingga khusus Dapil III hanya empat partai, dan tentu tersisa tiga kursi yang akan diperebutkan oleh Golkar dan Perindo.

Baca Juga: 2.413 TPS Potensi Pemungutan Suara Ulang, Bawaslu-KPU Sahkan Surat Suara Tertukar dan Tercoblos Jadi Milik Partai

Data tersebut diperoleh dari tim partai yaitu Ketua PKB Muna Barat, La Ode Amin, tim data La Ode Harlan Sadia, La Ode Burhanuddin caleg Dapil III, Angga Caleg Dapil III, dan tim pemenangan La Ode Agus Caleg Dapil II, dan Agung Darma Caleg Demokrat dan La Ode Sariba Caleg NasDem Dapil 1.

Sementara itu, KPU Muna Barat belum dapat menginformasikan terkait perolehan suara yang ada di tiap dapil sebab data belum rampung.

"Kendala di aplikasi Sirekap karena jaringan," pungkas Ketua KPU Muna Barat, Tajudin. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga