Mahasiswa Duga Komisioner KPU di Labuhanbatu Utara Diduga Berpihak ke Calon

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
Mahasiswa Duga Komisioner KPU di Labuhanbatu Utara Diduga Berpihak ke Calon
Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi SDM, Mulia Banurea saat menerima aspirasi dari mahasiswa. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Aliansi Mahasiswa Bersatu Labura (AMB-Labura) berdemontrasi di KPU Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (6/2/2023) petang "

MEDAN, TELISIK.ID - Aliansi Mahasiswa Bersatu Labura (AMB-Labura) berdemontrasi di KPU Sumatera Utara, Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (6/2/2023) petang.

Demo itu atas adanya dugaan keberpihakan pihak komisioner KPU Labuhanbatu Utara yang berisinial SF, karena ditemukan di media sosial Facebook mengajak tetap konsisten memilih ERAMAS (Edy Rahmayadi Musa Rajekhsyah) di pemilihan Gubernur Sumatera Utara pada tahun 2018.

Koordinator lapangan, Ridho Ansyah mengaku akan terus mengawal terkait dugaan pelicin lulus anggota PPK dan PPS di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Baca Juga: Ini Nama 27 Bakal Calon DPD RI Diverifikasi KPU Sumatera Utara

"Sementara dijelaskan dalam DKPP Nomor 02 Tahun 2017 dalam pasal 8 tertuang penyelenggara pemilu bersikap netral dan tidak memihak. Tidak mempengaruhi atau melakukan komunikasi yang bersifat partisipasin dengan peserta pemilu, tim kampanye dan pemilih," tegasnya.

Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi SDM, Mulia Banurea menerima aspirasi dari pendemo dan mengucapkan terima kasih.

"Kami (KPU Sumatera Utara) akan melakukan monitoring langsung ke lapangan yaitu di KPU Labuhanbatu Utara terkait permintaan adik-adik," tuturnya.

Mengenai adanya dukungan komisioner KPU Labuhanbatu Utara berinisial SF, DKPP sudah memberikan sanksi kepada bersangkutan.

Baca Juga: KPU Sumatera Utara Tak Batasi Jumlah Peserta Bakal Calon DPD RI

"Sudah diberikan sanksi peringatan dengan harapan tidak melakukan perbuatan yang tidak profesional itu kembali," ungkapnya.

Kemudian, Mulia mengaku, SF mendukung salah satu calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara sebelum menjabat sebagai komisaris KPU.

"Dia mendukung salah satu calon, sebelum menjabat sebagai Komisaris KPU Labuhanbatu Utara. Akan tetapi, segala aspirasi dari teman-teman mahasiswa tadi akan kami tindaklanjuti," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga