DPRD Muna Wacanakan Ubah Nama Rumah Sakit Raha jadi RS dr Baharuddin

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 15 Mei 2021
0 dilihat
DPRD Muna Wacanakan Ubah Nama Rumah Sakit Raha jadi RS dr Baharuddin
Rumah Sakit (RS) Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kami sepakat nama RS itu diubah "

MUNA, TELISIK.ID - Kalangan anggota DPRD Muna mulai mewacanakan perubahan nama Rumah Sakit (RS) Muna menjadi RS dr LM Baharuddin.

Zahrir Baitul, anggota DPRD Muna dari Fraksi Hanura menilai, perubahan nama RS itu sudah sangat tepat untuk mengenang dedikasi dan pengabdian LM Baharuddin pada daerah dan dunia kesehatan di Bumi Sowite.

"Kami sepakat nama RS itu diubah," kata Zahrir, Sabtu (15/5/2021).

Mantan anggota DPRD Muna Barat (Mubar) itu menerangkan, dalam perjalanan sejarah Kabupaten Muna, RS yang berdiri megah saat ini, tidak terlepas dari gagasan almarhum Baharuddin saat menjabat sebagai Bupati Muna periode 2010-2015.

Baca Juga: Diperkirakan Hujan Lebat, Masyarakat Kolaka Raya Diingatkan Waspada

"Sejarah tidak bisa dipungkiri. Di era kepemimpinan Baharuddin, RS modern itu dibangun. Dari proses perencanaan hingga penganggaran, semuanya tidak terlepas dari peran Baharuddin bersama DPRD saat itu," ungkapnya.

Perubahan nama RS itu, menurutnya, dipastikan tidak akan bertentangan dengan aturan. Toh, dalam peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 tahun 2020 tentang klasifikasi dan perizinan RS, pada pasal 54 mengatur soal pemberian nama RS.

"Tinggal kita godok Perdanya. Kami sangat setuju sekali dilakukan secepatnya sebagai bentuk aprisesiasi pada almarhum Baharuddin yang merupakan tokoh panutan masyarakat Muna," ujarnya.

Koleganya, Syukri dari Fraksi Demokrat berpandangan sama. Menurutnya, merubah nama RS itu sangat penting sehingga ada aspek sejarah di dalamnya yang akan selalu dikenang oleh masyarakat.

"Selama ini belum ada penamaan. Padahal, hampir seluruh daerah sudah menggunakan nama-nama tokohnya. Di Muna juga sudah harus seperti itu," terangnya.

Baca Juga: Hindari Kerumunan saat Libur, Objek Wisata di Kolut Ditutup

Wacana perubahan nama RS itu mendapat respon positif dari masyarakat yang sangat mendukung.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, almarhum Baharuddin merupakan pengayom dan memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat. Selama menjabat bupati, pria yang kerap disapa Dokter itu telah meletakkan fondasi dasar pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bangunan monumental, seperti RS tidak terlepas dari buah tangannya.

"Pak Dokter adalah tokoh pemersatu masyarakat dan pembangunan di Bumi Sowite," sebutnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga