Diperkirakan Hujan Lebat, Masyarakat Kolaka Raya Diingatkan Waspada

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 15 Mei 2021
0 dilihat
Diperkirakan Hujan Lebat, Masyarakat Kolaka Raya Diingatkan Waspada
Kolaka Utara dan Kolaka Raya umumnya, diperkirakan akan hujan lebat hingga besok. Foto: Repro Kolutkab

" Hal ini berdasarkan data analisis dari model cuaca, Signature BMKG "

KOLAKA, TELISIK.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sangia Nibandera Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan agar masyarakat Kolaka Raya waspada.

Waspada dikeluarkan BMKG karena Kolaka Raya yang meliputi wilayah Kolaka, Kolaka Timur (Koltim) dan Kolaka Utara (Kolut) akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga besok, Minggu 16 Mei 2021 pukul 08.00 Wita.

"Hal ini berdasarkan data analisis dari model cuaca, Signature BMKG," kata Forecaster Stasiun Meteorologi Sangia Nibandera Kolaka, Risca Maulida Setyaningrum, S.Tr kepada Telisik.id.

Risca menyebutkan, beberapa wilayah yang diperkirakan terdampak di antaranya, untuk Kabupaten Kolaka meliputi Samaturu, Wolo dan Iwoimenda.

Baca Juga: Hindari Kerumunan saat Libur, Objek Wisata di Kolut Ditutup

Kabupaten Kolut meliputi Wawo, Rante Angin, Lambai, Lasusua, Katoi, Kadeoha, Tiwu, Ngapa, Watunuhu, Pakue, Pakue Tengah, Pakue Utara dan wilayah Batu Putih.

Kemudian Kabupaten Kotim meliputi, Ueesi dan Uluwoi.

Akibat perkiraan hujan lebat, beberapa dampak akan terjadi diantaranya jalan basah, licin atau jarak pandang berkurang.

Kemudian gangguan skala kecil dan jangka pendek pada layanan air bersih atau/minum, listrik dan gas.

Gangguan skala kecil dan jangan pendek pada operasional sekolah dan rumah sakit. Terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil, terjadi genangan air di daerah pesisir atau daratan rendah dalam skala kecil.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp 280 Juta, Warga Soroti Kondisi Lapangan Futsal di Kabaena

Terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala kecil, banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman dan aliran banjir menggagu aktifitas masyarakat dalam skala kecil.

Dari dampak tersebut, BMKG menyarankan beberapa yang harus dilakukan di antaranya tetap tenang dan waspada.

Berbagi/bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbaharui informasi melalui media massa ataupun media sosial dan mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga