Goa Selarong, Saksi Sejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Jumat, 17 Juli 2020
0 dilihat
Goa Selarong, Saksi Sejarah Perjuangan Pangeran Diponegoro
Banyak pengunjung datang ke Goa Selarong untuk melakukan meditasi dan ritual. Foto: Ist.

" Goa Selarong ini menjadi saksi sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Sebagai wilayah dengan nilai historis yang tinggi, DIY memiliki sejumlah tempat yang menjadi petilasan dari beberapa tokoh penting dalam sejarah.

Salah satunya adalah Goa Selarong yang berada di Dusun Kembang Putihan, Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Goa Selarong ini menjadi saksi sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda.

Berada di lokasi yang strategis. Tepatnya di kaki bukit kapur, berjarak sekitar sembilan kilometer dari Kota Yogyakarta, goa ini menjadi benteng pertahanan sekaligus markas besar Pangeran Diponegoro.

Di Goa Selarong terdapat dua goa utama: Goa Kakung dan Goa Putri. Goa Kakung menjadi kediaman Pangeran Diponegoro. Sedangkan Goa Puteri digunakan sebagai tempat tinggal Raden Ayu Ratnaningsih, selir pangeran yang paling setia setelah kedua istrinya meninggal dunia.

Baca juga: Meski Pandemi, Film Maker Dibolehkan Syuting di Yogyakarta

Pangeran Diponegoro mengobarkan semangat perjuangan rakyat pribumi dengan semboyannya: sadumuk bathuk sanyari bumi dikahi tekan pati (sejari kepala sejengkal tanah dibela sampai mati).

Sebagai penanda bahwa tempat tersebut merupakan saksi bisu sejarah perjuangan bangsa, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul membangun ikon patung Pangeran Diponegoro di objek wisata tersebut.

Tak heran, banyak wisatawan yang kerap menyebut Goa Selarong dengan sebutan Goa Diponegoro.

Meski memiliki nilai historis yang tinggi, wisatawan tak perlu khawatir dengan ongkos tiket masuk. Pemkab Bantul sebagai pengelola kawasan ini menerapkan harga tiket yang terbilang ramah di kantong: sebesar Rp 6 ribu. Tarif parkir sepeda motor Rp 2 ribu, mobil Rp 5 ribu dan bus  Rp 10 ribu.

Objek Wisata Goa Selarong ini dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari.

Tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini dikenal pula sebagai salah satu tempat wisata religius. Banyak pengunjung datang ke Goa Selarong untuk melakukan meditasi dan aneka ritual lainnya.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga