Google akan Hapus Aplikasi Chrome di Android

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 02 Desember 2023
0 dilihat
Google akan Hapus Aplikasi Chrome di Android
Bagi pengguna yang masih menggunakan sistem operasi Android 7 Nougat atau lebih jadul, tak akan bisa menggunakan aplikasi Google Crome dan Calendar mulai 2024 mendatang. Foto: harapanrakyat.com

" Aplikasi google Chrome merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk mencari informasi-informasi yang diinginkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Aplikasi google Chrome merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk mencari informasi-informasi yang diinginkan. Namun oada tahun 2024 Google akan hapus aplikasi Chrome dan Calender di HandPhone (Hp) Android.

Bagi pengguna yang masih menggunakan sistem operasi Android 7 Nougat atau lebih jadul, tak akan bisa menggunakan aplikasi Google Crome dan Calendar mulai 2024 mendatang.

Android 7 Nougat merupakan sistem operasi yang dirilis pada 2016 silam. Software ini hadir setelah dua pembaruan pada Google Material Design. Dengan begitu, tak terlalu banyak perubahan atau penambahan visual pada antarmukanya.

Dilasir dari cnbc.com, HP dengan sistem operasi Android 7.1 ke bawah tak bisa lagi memakai Chrome mulai awal 2024. Hal yang sama juga terjadi pada aplikasi Google Calendar. Versi terakhir aplikasi tersebut bernomor 2023-46-0-581792699. Edisi tersebut hanya bisa digunakan pada HP dengan sistem operasi Android 8 ke atas.

Baca Juga: Ini HP Jadul jadi Incaran Kolektor

Versi Android ini digunakan saat debut HP Google Pixel pertama. HP lainnya yang dirilis bertepatan dengan peluncuran Android 7 adalah LG V20, Galaxy Note 10, dan OnePlus 3.

Dilansir dari technologue.id, berikit daftar Hp OS Android 7:

1. Samsung Galaxy Note

Produsen satu ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menggarap smartphone. Namun, naas bagi Galaxy Note 7 dihentikan dari produksi karena masalah baterai yang mudah terbakar.

2. LG-V20

Tampak depan LG V20 yang dikenal dengan ponsel modularnya tidak hanya G5 saja yang menerima pembaharuan. Tetapi ponsel saudaranya juga ikut mendapatkan Android Nougat, apa lagi ponsel gahar terbaru LG yakni V20 kabarnya juga sudah menggunakan sistem terbaru tersebut langsung saat peluncuran.

3.  Motorola/Lenovo

Smartphone Motorola sekarang telah dinahkodai oleh Lenovo. Turut memastikan akan mendapat sistem operasi Android Nougat.

4. Sony

Sony Xperia X Compact Sempat ada laporan sebelumnya perangkat Sony pertama yang mendapatkan Android Nougat Developer Edition adalah Xperia Z3, namun belum secara penuh menikmati OS Android tersebut hanya sebatas pengembang saja.

Baca Juga: HP Legend Nokia 150 Hadir dengan Spesifik Baru, Harga Cuma Rp 400 Ribu

5. Asus

Asus produk yang juga menjadi pilihan smartphone di Indonesia, telah memastikan produk terbarunya ini bakal kebagian sistem Android Nougat teranyar.

Tak ada solusi yang bisa dilakukan jika HP masih stuck di Android 7 dan tak bisa diperbarui. Kini saatnya untuk ganti ke HP baru.

Selain itu, sistem operasi Android 7 sudah terlalu lama tidak mendapatkan pembaruan keamanan. Ada baiknya Anda mengganti ke HP versi lebih baru, agar lebih tahan banting pada serangan peretas dan malware. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga