Hanya 1 Jam Terbakar, Rumah Lansia di Muna Barat Rata dengan Tanah

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 24 Januari 2024
0 dilihat
Hanya 1 Jam Terbakar, Rumah Lansia di Muna Barat Rata dengan Tanah
Rumah salah satu lansia di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Muna Barat, habis dilalap si jago merah. Foto: Ist.

" Rumah milik warga Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat, habis dilalap si jago merah, Selasa (23/1/2024) malam "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Rumah milik warga Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat, habis dilalap si jago merah, Selasa (23/1/2024) malam.

Diketahui rumah berukuran 9x19 meter yang terbuat dari kayu papan jati itu milik lansia bernama La Ode Fandeta (91), rata dengan tanah setelah dilalap si jago merah selama satu jam.

Berdasarkan keterangan warga yang saat itu ada di tempat kejadian perkara (TKP), api awalnya muncul dari dapur rumah, dan pemilik rumah masih berada di dalam rumah.

"Kejadiannya semalam, sekitar pukul 23.10 Wita. Istrinya sudah tidur di kamar sementara suaminya belum tidur," ungkap Muhammad Alim Martono.

Martono katakan, setelah pemilik rumah melihat kobaran api di dapur, langsung membangunkan istrinya yang berada di kamar, dan digendong menuju rumah warga sekitar.

Baca Juga: Kebakaran di Lorong Belibis Kendari, Hanguskan 1 Rumah Dihuni Mahasiswa

Sementara itu, Kapolsek Lawa, Ipda Haswan membenarkan kejadian kebakaran yang menimpa La Ode Fandeta yang terjadi pada Selasa (23/1/2024) sekira pukul 23.00, bertempat di Desa Lailangga, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat.

"Iya betul, ada kejadian kebakaran yang menimpa salah satu warga," ungkapnya pada Telisik.id, Rabu (24/1/2023).

Ia mengatakan, saat kejadian awalnya korban belum menyadari api telah berkobar, saat itu korban masih sementara memastikan lampu dapur telah dipadamkan, kemudian korban masuk ke dalam kamar.

Selang beberapa menit kemudian, korban melihat ada sinar terang tepatnya di bawah pintu, seketika korban langsung bergegas membuka pintu dapur dan saat itu melihat telah ada kobaran api.

Setelah itu, korban mencari istrinya di dalam kamar, kemudian korban menuntun istrinya lalu membawanya ke pintu depan. Kemudian datang Muhammad Alim Martono bersama beberapa temannya untuk membantu korban dan istri untuk keluar dari dalam rumah.

Selanjutnya, berdasarkan keterangan beberapa orang saksi yang pertama kali melihat kejadian, api menjalar di atas rumah dari arah dapur menuju ke bagian depan rumah, namun belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran rumah tersebut.

Baca Juga: Bupati Muna Perintahkan Disperdagin Data Korban Kebakaran Pasar Wakuru

Pihak Polsek Lawa langsung mendatangi TKP, berkoordinasi dengan pemadam kebakaran, mengamankan TKP, mendata dan menginterogasi saksi-saksi.

Selanjutnya pihak Polsek Lawa telah berkoordinasi dengan tim Identifikasi serta Inafis Polres Muna untuk melakukan pemeriksaan olah TKP kebakaran, melakukan penyelidikan terkait kejadian kebakaran tersebut.

Atas kejadian itu, kerugian materil yang dialami korban akibat kebakaran rumah tersebut diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 500 juta. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga