Hibah Rp 300 Juta Dukung Kerukunan Beragama di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
Hibah Rp 300 Juta Dukung Kerukunan Beragama di Muna Barat
Pertemuan antar pemerintah daerah bersama FKUB dalam mendukung program kerukunan umat beragama di Muna Barat. Foto: Ist.

" Dukung program kerukunan umat beragama, pemerintah Kabupaten Muna Barat mengalokasikan anggaran hibah sebesar Rp 300 juta "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dukung program kerukunan umat beragama, pemerintah Kabupaten Muna Barat mengalokasikan anggaran hibah sebesar Rp 300 juta.

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri sebelumnya sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Mendagri Tentang Pendanaan FKUB dalam APBD. SE tersebut diterbitkan pada 2017 saat masa kepemimpinan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, Muna Barat sebagai daerah yang majemuk dengan berbagai suku, agama, dan ras, diharapkan memelihara kerukunan dalam kehidupan antar umat beragama.

"Karena itu tahun depan kita anggarkan Rp 300 juta untuk segala kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)," ungkapnya, Rabu (28/12/2022).

Ia mengatakan, dalam upaya merawat kerukunan umat beragama, tidak bisa hanya mengandalkan peran pemerintah daerah. Perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk FKUB, sehingga membantu penguatan moderasi beragama di Muna Barat.

Baca Juga: Kementerian Kelautan dan Perikanan Hentikan Pembangunan Pasar Ikan di Muna

Ia juga mengatakan, perlunya rasa bersyukur sebab di Muna Barat tidak pernah ada konflik, kondisinya aman dan damai. Untuk itu perlu dipertahankan kondisi seperti saat ini dengan meningkatkan moderasi beragama.

"Bagi para tokoh agama, agar dalam menghadapi persoalan keagamaan harus proaktif," pungkasnya.

Baca Juga: 405 Penjahat Meresahkan Ditangkap Polisi dan Otak Pelaku Pencurian 6 Sepeda Motor Diburu

Paradigma ini dilakukan melalui upaya mendeteksi dan memitigasi terhadap ancaman konflik keagamaan oleh seluruh stakeholder, baik forkopimda dan FKUB.

Sementara itu, Ketua FKUB Muna Barat, La Hamidu sangat bersyukur atas dukungan pemerintah daerah terhadap segala kegiatan FKUB, yang berdampak positif dalam meningkatkan kerukunan antar umat beragama di Muna Barat.

"Kita sangat berterima kasih, semoga dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah, akan mempermudah segala agenda FKUB di daerah," ujarnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga