Jaga Kestabilan Pangan, Petani di Konawe Bakal Dapat LPM

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Senin, 11 Januari 2021
0 dilihat
Jaga Kestabilan Pangan, Petani di Konawe Bakal Dapat LPM
Sejumlah petani sedang memanen padinya. Foto: Repro industry.co.id

" Dengan dua LPM yang sekiranya masih kurang untuk menampung hasil panen yang selalu surplus. "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe saat ini masih fokus pada sektor pertanian demi terwujudnya ketahanan pangan di tengah kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Muhammad Akbar menjelaskan, dinas yang dipimpinnya itu mendapat dana alokasi khusus (DAK) di tahun 2021 sekira Rp 1 Miliar.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk mendanai dua kegiatan, yakni pembangunan satu unit lumbung pangan masyarakat (LPM) serta pengembangan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) sebanyak sembilan kelompok.

Ia menambahkan, LPM merupakan gudang penyimpanan yang difungsikan untuk menampung gabah hasil panen petani, saat ini di Konawe baru ada dua LPM yang sudah beroperasi.

Baca juga: JLO Soroti Temuan Penyimpangan APMS dan Dugaan Transportir Nakal di Wakatobi

Dengan dua LPM yang sekiranya masih kurang untuk menampung hasil panen yang selalu surplus.

"Lokasinya nanti akan dibangun di Kecamatan Anggotoa. Salah satu basis persawahan di Konawe juga," ungkapnya, Senin (11/01/2021).

Nantinya LPM ini akan dikelola langsung oleh para petani di wilayah setempat, yang terdiri dari penyediaan fasilitas gudang, mesin giling, termasuk lantai jemur untuk mengeringkan gabah.

LPM juga dapat digunakan untuk menyimpan stok beras manakala terjadi fluktuasi harga di pasaran yang bisa merugikan para petani setempat. Sehingga petani bisa menitip gabah di LPM sembari menunggu harga jual kembali stabil.

"Petani bisa menyimpan dulu gabahnya di LPM tanpa akan takut rusak. Kedepan, LPM kita proyeksikan dapat pula membeli gabah hasil panen dari petani," tutupnya. (B).

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga