Jumlah Janda di 5 Negara Ini Terbanyak, Nomor Terakhir Mengejutkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 24 Januari 2022
0 dilihat
Jumlah Janda di 5 Negara Ini Terbanyak, Nomor Terakhir Mengejutkan
Ilustrasi perceraian. Foto: Repro theasianparent.com

" Berdasarkan data PBB, setidaknya ada 258 juta janda di seluruh belahan dunia, dengan satu di antara sepuluh janda ini hidup dalam kemelaratan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Seorang wanita yang menjadi janda disebabkan beberapa faktor, seperti pasangan meninggal atau cerai dengan sang suami.

Mengutip wikipedia.org, duda dan janda adalah istilah untuk pria dan wanita yang telah bercerai atau ditinggal mati oleh pasangan pernikahannya.

Istilah janda kembang ditujukan bagi seorang janda yang masih muda, dan belum memiliki anak dari hasil pernikahannya. Ada juga yang mengartikan janda kembang adalah wanita yang dicerai suaminya, dan belum sempat digaulinya, dalam istilah orang sunda disebut randa bengsrat.

Jika wanita menjadi janda karena pasangan meninggal hal yang wajar, karena ia adalah sebuah takdir. Sementara ketika janda karena perceraian, maka ini yang sangat disayangkan.

Pasalnya, pernikahan yang diawali dengan kebahagiaan dan berakhir dengan perceraian, biasanya menjadi penyebab hancurnya bahtera rumah tangga yang tentu memunculkan banyak janda di penjuru dunia.

Melansir sindonews.com, berdasarkan data yang dihimpun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan, setidaknya ada 258 juta janda yang tersebar di seluruh belahan dunia, dengan satu di antara sepuluh janda ini hidup dalam kemelaratan.

Melansir data dari The Loomba Foundation, berikut adalah beberapa negara dengan jumlah janda terbanyak di dunia:

1. India

Pada tahun 2010, negara ini menempati urutan kedua dengan jumlah janda mencapai 42,4 juta orang.

Namun, pada survei selanjutnya yang diadakan pada tahun 2015, negara yang sempat menjadi negara jajahan Inggris ini menempati peringkat pertama dengan jumlah janda sebanyak 46,4 juta jiwa.

2. China

Dilansir dari statistik The Loomba Foundation, negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia ini menempati urutan kedua dengan jumlah janda mencapai 44,5 juta jiwa. Jumlah lansia yang menjanda di China terus meningkat sejak tahun 2000.

Baca Juga: Jakor Festival Anime, Paduan Jepang dan Korea Hadir di Kendari

Menurut data survei terakhir, 27,9?ri populasi berusia 65 ke atas di negara ini telah kehilangan pasangan.

3. Amerika Serikat

Dari total 134,2 juta pernikahan, Amerika Serikat memiliki 12,8 juta populasi janda pada tahun 2015. Angka ini rupanya mengalami penurunan dari survey tahun 2010 yang mencatat adanya 13,6 juta janda di negara ini.

4. Rusia

Negara dengan julukan Beruang Merah ini menempati urutan keempat dengan total janda berjumlah 11,6 juta jiwa. Angka ini cukup besar, mengingat jumlah pernikahan yang tercatat di negara tersebut hanya 65,2 juta pernikahan.

Jumlah janda yang tercatat di negara ini meningkat cukup besar dari survey awal yang dilakukan pada tahun 2010 sebanyak 7,1 juta janda.

5. Indonesia

Di peringkat kelima, ada Indonesia dengan jumlah janda mencapai 9,5 juta jiwa pada tahun 2015. Masih terbilang kecil dibandingkan jumlah perempuan menikah yang mencapai 103,8 juta.

Baca Juga: Hadir di Pernikahan Park Shin Hye, Berikut Hal Menarik Lee Min Ho yang Bikin Heboh

Angka ini tidak memiliki selisih cukup jauh jika dibandingkan dengan hasil survei tahun 2010, di mana Indonesia menduduki peringkat keempat dengan total janda 9,4 juta jiwa. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga