Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Imbau Masyarakat Tuntaskan Masalah Secara Kekeluargaan

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 23 Januari 2024
0 dilihat
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Imbau Masyarakat Tuntaskan Masalah Secara Kekeluargaan
Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, mengimbau masyarakat untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan melalui desa atau kelurahan. Foto: Ist.

" Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tenggara berkunjung ke Kabupaten Buton, dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah, Silvester Sili Laba "

BUTON, TELISIK.ID - Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tenggara berkunjung ke Kabupaten Buton. Kunjungan kerja Kanwi Kemenkuham tersebut dipimpin langsung Kepala Kantor Wilayah, Silvester Sili Laba.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, mengagumi Buton yang begitu kaya akan keanekaragaman budaya, bahasa dan adat istiadat.

Buton semakin menarik dengan adanya tambang aspal terbesar yang sudah terkenal sejak zaman Belanda. Harapannya tambang aspal Buton di pergunakan sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat.

"Dengan beragam kearifan lokal yang ada, keanekaragaman bahasa dan budaya, adat istiadat yang berbeda, dapat menciptakan masyarakat yang harmonis. Serta kekayaan sumber daya alam di Buton diperuntukkan untuk kemakmuran rakyat," ujarnya, Selasa (23/1/2024).

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan melalui desa atau kelurahan, secara adat melalui tokoh adat, tidak perlu ke pihak hukum, baik kepolisian ataupun pengadilan.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Lindungi Produk Unggulan Daerah dari Pemalsuan

Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra juga menjelaskan mengenai pelaksanaan hukum dan hak asasi manusia di daerah hendaknya melakukan 3 hal, yaitu restorative justice, penanganan penyebaran narkoba bagi generasi kita yang dimulai dari pemberian bimbingan orang tua kepada anak terhadap bahaya narkoba sejak dini, dan penyelesaian masalah secara kekeluargaan dan secara adat.

Kakanwil juga mengajak untuk tetap menjunjung hukum serta hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, agar terbina kerukunan hidup, rakyat bersatu, negara kuat dan sejahtera.

Penjabat (Pj) Bupati Buton, La Ode Mustari mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kanwil Kemenkuham Sultra di Buton. Buton merupakan daerah yang memiliki suku dan budaya yang berbeda-beda baik bahasa, adat dan juga budaya.

Baca Juga: Divisipas Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Monev di Lapas dan Rutan Kendari

“Kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Buton adalah menjunjung tinggi hukum negara dan norma adat. Setiap persoalan di masyarakat selalu diselesaikan secara adat dan kekeluargaan sehingga tidak harus ke pihak hukum seperti kasus perdata, ataupun pidana kecil," jelasnya.

Lanjut ia mengatakan bahwa tambang aspal Buton yang merupakan aspal terbesar di dunia, merupakan aset terbesar sebagai sumber devisa dan PAD Buton.

Diketahui, kunjungan Kanwil Kemenkuham Sultra disambut Pj Bupati Buton, La Ode Mustari, didampingi Sekda Buton Asnawi Jamaludin di Aula Rujab Bupati Buton, Senin (22/1/ 2024) malam. (B-Adv)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga