Kickoff Hari HAM Sedunia ke-76: Pemilih Pemula Gunakan Hak dalam Proses Demokrasi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 26 September 2024
0 dilihat
Kickoff Hari HAM Sedunia ke-76: Pemilih Pemula Gunakan Hak dalam Proses Demokrasi
Kickoff Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) ke-76 yang dibarengi dengan Deklarasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula. Foto: Ist

" Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) ke-76, Kementerian Hukum dan HAM mengadakan acara kickoff yang juga mencakup Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula "

JAKARTA, TELISIK.ID – Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) ke-76, Kementerian Hukum dan HAM mengadakan acara kickoff yang juga mencakup Deklarasi Pilkada bagi Pemilih Pemula.

Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, menekankan pentingnya menciptakan pilkada yang ramah HAM, bebas dari provokasi, hoaks, dan ujaran kebencian.

Dalam acara yang berlangsung pada Rabu (25/9/2024), Supratman mengajak generasi muda untuk lebih menyadari hak-hak mereka dalam proses demokrasi.

Ia mengatakan, generasi muda perlu memiliki pengetahuan yang cukup agar dapat menggunakan hak pilih mereka secara bijak dan bertanggung jawab.

Baca Juga: Media Workshop BPJS Kesehatan: Potret Satu Dekade Program JKN dan Tantangan Pemerintahan Baru

Untuk mendukung pemilih pemula, Kementerian Hukum dan HAM berkolaborasi dengan Komunitas Pemuda Pelajar Pecinta HAM (Koppeta HAM) dalam memberikan edukasi mengenai hak-hak pemilih serta cara menghindari informasi yang menyesatkan.

"Kolaborasi ini akan mendorong terciptanya pilkada yang aman, damai, dan demokratis," lanjut Supratman.

Menteri Hukum dan HAM juga mengumumkan tema Hari HAM Sedunia ke-76 tahun ini, yaitu "Harmoni dalam Keberagaman Menuju Indonesia Emas 2045."

Tema ini dinilai sangat relevan mengingat energi bangsa sering terkuras dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi.

"Kita harus bersama-sama membangun bangsa menuju Indonesia Emas 2045," tegasnya.

Baca Juga: TAP MPR Perihal KKN Soeharto Dihapus dan Pemberhentian Gus Dur Dipulihkan

Direktur Jenderal HAM, Dhahana Putra, menambahkan bahwa deklarasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari HAM Sedunia ke-76. Kementerian Hukum dan HAM telah menyiapkan berbagai kegiatan menarik, termasuk cerdas HAM, talkshow, seminar internasional, serta lomba kreatif yang melibatkan masyarakat.

"Puncak peringatan Hari HAM ke-76 akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah," kata Dhahana.

Acara kickoff ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Menteri Dalam Negeri, perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan perwakilan partai politik peserta Pilkada 2024, serta berbagai kementerian dan lembaga terkait. (Adv/C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga