Kolesterol Pasca Lebaran, Redakan dengan 5 Buah Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 23 April 2023
0 dilihat
Kolesterol Pasca Lebaran, Redakan dengan 5 Buah Ini
Jeruk sebagai buah tinggi serat larut dapat jadi salah satu solusi untuk kamu yang alami kolesterol. Foto: Health.grid.id

" Hari lebaran jadi hari perayaan yang meriah bagi seluruh umat muslim. Di Indonesia, makanan-makanan khas yang biasa dihidangkan saat lebaran biasanya mengandung banyak lemak, seperti opor, rendang, gulai, dan lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari lebaran jadi hari perayaan yang meriah bagi seluruh umat muslim. Di Indonesia, makanan-makanan khas yang biasa dihidangkan saat lebaran biasanya mengandung banyak lemak, seperti opor, rendang, gulai, dan lainnya.

Dibalik nikmatnya makanan-makanan tersebut, banyak penyakit yang mengintai setelah menyantapnya, salah satunya kolesterol yang banyak diderita orang-orang pasca lebaran.

Berikut buah-buahan yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi, dirangkum dari Cnbcindonesia.com dan Detik.com.

Baca Juga: Cara Cegah Makan Berlebihan Saat Lebaran

1. Apel

Buah penurun kolesterol paling ampuh pertama adalah apel. Buah ini memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, peserta penelitian yang makan 550 gram apel sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Meskipun demikian, efek ini tidak terlihat pada peserta penelitian yang mengkonsumsi jus apel bening karena seratnya dihilangkan.

2. Alpukat

Selain untuk diet, alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh loh. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

"Apa pun dengan alpukat akan memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal versus tak jenuh ganda yang sangat baik," Emily Schmidt, RDN, ahli diet dari Mayo Clinic, dikutip Minggu (23/4/2023).

"Terlalu banyak hanya lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol baik [HDL] Anda juga," lanjutnya.

Meski bisa dimakan langsung, alpukat juga bisa dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya, seperti menggunakan minyak alpukat dalam masakan, menjadikannya salad, hingga sandwich.

3. Beri

Buah beri, seperti blackberry, blueberry, raspberry, delima, dan stroberi juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya, buah-buahan ini mengandung kaya akan serat larut dan rendah gula yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga: Beberapa Penyakit yang Diklaim Bisa Sembuh dengan Seks

4. Jambu Biji

Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium dan serta yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Buah Tinggi Serat Larut

Adapun buah lainnya yang juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti pisang, jeruk, pir, dan plum, lantaran memiliki kandungan tinggi serat larut yang membantu mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga