3 Cara Mudah Membersihkan Usus Secara Alami

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 20 Maret 2024
0 dilihat
3 Cara Mudah Membersihkan Usus Secara Alami
Membersihkan usus dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi bahan alami. Foto: Repro er1.blogspot.com

" Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu atau merasa enggan untuk minum obat-obatan, bisa membersihkan usus secara alami dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali terjadi ditimbulkan dari usus. Maka penting untuk mengetahui cara membersihkan usus secara alami.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, usus merupakan bagian dari sistem pencernaan yang memiliki peran penting. Sehingga kesehatan dan kebersihan usus harus selalu terjaga.

Seringkali konsumsi makanan dan minuman sehari-hari bisa membuat usus kotor dan terpapar banyak racun. Hal ini yang harus diatasi melalui metode membersihkan usus, bisa dengan konsumsi obat atau melakukan perawatan tertentu. 

Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu atau merasa enggan untuk minum obat-obatan, bisa membersihkan usus secara alami dengan bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan.

Baca Juga: Catat, 10 Pilihan Buah Ini Bisa Redakan Panas Dalam

Melansir yoursay.id yang mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang dapat membantu membersihkan usus secara alami:

1. Minum Air Lemon dengan Teh

Salah satu cara lain yang dapat membantu proses detoksifikasi pada usus adalah dengan mengonsumsi air lemon yang dicampur dengan air hangat atau teh.

Merangkum artikel dalam alodokter.com, air lemon memiliki efek untuk merangsang sistem metabolisme dalam tubuh dan membantu membersihkan kotoran dari usus.

Kotoran dan radikal bebas tersebut akan dikeluarkan dengan 2 cara, yakni melalui feses saat buang air besar dan melalui urine saat buang air kecil.

2. Konsumsi Air Garam

Garam memang dikenal dapat mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami. Melansir dari artikel berjudul “How to Do a Natural Colon Cleanse at Home”, air garam memang bisa memicu kontraksi dalam usus dan membantu melunturkan sisa-sisa radikal bebas yang melekat pada dinding usus.

Caranya cukup mudah, kamu bisa mencampurkan 1-2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu, minumlah ramuan sederhana tersebut sebanyak 2 kali sehari saat perut kosong.

Baca Juga: Ini 4 Tips Berpuasa Bagi Penyandang Diabetes

Cara tersebut akan memberikan sedikit efek samping, yakni kamu akan lebih sering mengalami buang air kecil sebagai bentuk respons tubuh atas pembuangan racun tersebut.

3. Minum Air Putih Secara Rutin

Cara yang cukup sering dan mudah dilakukan untuk membantu proses detoksifikasi pada tubuh adalah dengan cara rutin minum air putih.

Menyadur laman halodoc.com, dengan rutin meminum air putih, kamu bisa membantu melancarkan sistem metabolisme dalam tubuhmu yang juga sekaligus membuang racun pada tubuh.

Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 8-10 gelas atau 250 ml air putih setiap harinya untuk melancarkan proses detoksifikasi secara alami.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu proses detoksifikasi atau pembersihan usus secara alami. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga