MPP Sebagai Bukti Nyata Hadirnya Pemerintah Bagi Masyarakat Konawe

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 24 Mei 2022
0 dilihat
MPP Sebagai Bukti Nyata Hadirnya Pemerintah Bagi Masyarakat Konawe
Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Konawe, Burhan (kanan). Foto: Aris Syam/Telisik

" MPP Konawe, menjadi salah satu jawaban hadirnya pemerintah atas keluhan masyarakat dalam mengurus dokumen atau perizinan yang selama ini dianggap kurang efisien dan berbelit-belit "

KONAWE, TELISIK.ID -  Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe di bawah kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa sangat menginginkan adanya Mall Pelayanan Publik (MPP), sebagai bentuk hadirnya pemerintah untuk masyarakat dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan transparan.

Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Konawe, Burhan mengatakan, dengan adanya gedung MPP di Konawe, menjadi salah satu jawaban hadirnya pemerintah atas keluhan masyarakat dalam mengurus dokumen atau perizinan yang selama ini dianggap kurang efisien dan berbelit-belit.

Olehnya itu, hadirnya MPP tersebut diharap dapat memutus dan mempersingkat birokrasi layanan menjadi lebih mudah, cepat, tepat, dan efisiensi waktu, dan optimal sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, dengan hadirnya MPP ini dapat memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat kita dalam berbagai urusan," kata Burhan, Selasa (24/5/2022).

Lebih lanjut kata Burhan, MPP Konawe yang dijadwalkan akan beroperasi tahun 2022 ini menjadi upaya pemerintah dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, karena di dalamnya akan disediakan berbagi instansi pelayanan, baik OPD maupun instansi lainnya seperti pengurusan SIM, SKCK, pajak kendaraan, dan juga Bank Sultra.

Baca Juga: Kuasa Hukum Mardani H Maming Jelaskan Kronologi Kerjasama PT PCR dan PT PAR

"Sekitar 24 gerai pelayan akan beroperasi di MPP ini, sehingga masyarakat muda menjangkau dalam berurusan," jelasnya.

Burhan juga menambahkan, dalam memberikan kenyamanan kepada instansi pelayanan yang akan beroperasi MPP tersebut, pihaknya akan menyesuaikan model gerai sesuai kebutuhan mereka.

Misalnya, dalam pelayanan SIM, otomatis banyak perlengkapan yang diperlukan dan memungkinkan gerainya akan diperluas sehingga kebutuhan pelayanan SIM bisa masuk di MPP itu, dan begitu juga dengan instansi lainnya.

Baca Juga: Belum Ada Petunjuk Soal Pelantikan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan

"Kalau untuk tes drivenya kan bisa di kantor lantas saja, intinya kita sesuaikan apa yang mereka butuhkan, nanti kita desain kembali masalah gerainya," imbuhnya.

Burhan berharap, hadirnya MPP di Konawe betul-betul memberikan nuansa berbeda dari kantor-kantor pelayanan sebelumnya, agar masyarakat rasakan betul kepuasan dan menfaat berdirinya MPP ini.

"Intinya, masyarakat harus rasakan manfaat hadirnya MPP ini, makanya kita coba desain sebaik mungkin," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga