Nelayan Hilang di Buton Selatan Belum Ditemukan

Elfinasari, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Nelayan Hilang di Buton Selatan Belum Ditemukan
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian seorang nelayan yang hilang di perairan Teluk Lende. Foto: Ist.

" Pencarian seorang nelayan asal Desa Windu Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton, Ali Bura (17), memasuki hari kedua "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Tim SAR gabungan memasuki hari kedua pencarian intensif terhadap Ali Bura (17), seorang nelayan dari Desa Windu Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, yang hilang di perairan Teluk Lande.

Meskipun upaya pencarian terus dilakukan, hingga saat ini hasilnya nihil. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Muhamad Arafah, memberikan pembaruan terkini terkait pencarian nelayan yang belum kembali dari melaut.

"Pada pukul 19.38 Wita, kami menerima laporan dari Jamaludin, Sekdes Windu Makmur, bahwa Ali Bura, 17 tahun, belum pulang dari melaut di Teluk Lende," ungkap Arafah, lewat keterangan tertulis, Jumat (20/10/2023).

Menanggapi laporan tersebut, Tim Rescue Pos SAR Baubau segera meluncur menuju Last Known Position (LKP) pada pukul 20.00 Wita dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk melakukan pencarian.

Jarak dari LKP ke Pos SAR Baubau mencapai 22 NM, menjadikan misi pencarian ini semakin menantang.

Baca Juga: 10 Hari Hilang, Basarnas Tutup Pencarian Nelayan di Buton Selatan

Diketahui, Ali Bura berangkat melaut untuk mencari ikan di sekitar Teluk Lende pada Rabu (18/10/2023) pukul 15.00 Wita. Namun hingga kini, ia belum kembali ke rumahnya. Selama pencarian awal, alat pancing milik Ali ditemukan di bagan, sementara sampan yang digunakannya terdampar di pohon bakau dekat pantai.

Pencarian yang sedang berlangsung didukung oleh berbagai peralatan, termasuk RIB dan Aquaeye, serta peralatan keselamatan lainnya. Cuaca selama pencarian relatif baik, dengan kondisi cerah berawan dan kecepatan angin berkisar antara 5-20 knots.

Baca Juga: Nelayan Buton Selatan Hilang saat Cek Bubu di Perairan Siompu Barat

Meskipun begitu, arah angin bervariasi dari Tenggara hingga Barat Laut, menciptakan gelombang dengan ketinggian antara 0,25 hingga 1,25 meter.

Salah seorang keluarga Ali, Halmin menuturkan bahwa Ali menghilang sejak hari Rabu dan saat ini pihak keluarga serta masyarakat setempat masih melakukan pencarian.

Ibu Korban, Wa Ete, berharap anaknya ditemukan dalam keadaan selamat. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga