Komunitas Ini Perkenalkan Berbagai Jenis Bonsai

Mohamad To'at, telisik indonesia
Minggu, 30 Januari 2022
0 dilihat
Komunitas Ini Perkenalkan Berbagai Jenis Bonsai
Pameran bonsai di Desa Lambusa Kecamatan Konda, Konsel. Foto: Mohamad To'at/Telisik

" Kelompok pengrajin bonsai, salah satunya komunitas yang tergabung dalam paguyuban keluarga bonsai di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bonsai merupakan sebuah tanaman yang dikecilkan atau tanaman yang menyerupai bentuk asli dari tanaman besar yang ada di alam, namun di tempatkan dalam sebuah wadah (pot).

Di Sulawesi Tenggara (Sultra) terdapat beberapa kelompok pengrajin bonsai, salah satunya komunitas yang tergabung dalam paguyuban keluarga bonsai di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Komunitas ini memang fokus pada bonsai, berbagai jenis bonsai mereka budidayakan, seperti santigi, serut, kemudian anting putri dan masih banyak lagi bonsai pilihan lainnya. Ada juga bonsai impor, seperti silverberi, putri Thailand, dan saeng sibur Thailand.

Salah seorang pemilik bonsai, Harianto menerangkan, perawatan bonsai susah-susah gampang, tergantung jenis bonsai apa yang dibudidayakan. Pada umumnya, tanaman bonsai yang dirawat butuh sinar matahari untuk fotosintesis.

"Kalau masalah penyiraman tanaman tergantung, apakah menyiram tiap hari atau dua kali sehari dan tergantung dari jenis tanaman dan media tanaman atau potnya juga," tutur Harianto saat ditemui dalam kegiatan pameran bonsai di Desa Lambusa Kecamatan Konda, Minggu (30/1/2022).

"Tanaman ini juga diperjual belikan apabila ada kolektor yang meminati," lanjutnya.

Baca Juga: Reses, Nurlin Surunuddin Janjikan Pengaspalan Jalan dan Bantuan Perumahan

Sementara, seorang pengunjung, Ashari Pramono menuturkan, pameran bonsai cukup menarik bagi dirinya yang awam. Ia mengaku jadi banyak mempelajari mengenai bonsai.

"Saya orang awam tidak tau tentang bonsai menjadi tau dan tertarik, karena keindahan dan juga unsur seninya," ucap Ashari.

Sementara pengunjung lainnya, Munadji mengatakan, jika dirinya selama ini hanya menanam tanaman biasa, pada umumnya berbagai jrnis bunga saja.

Baca Juga: Ketua Saber Pungli Butur Tanggapi Dugaan Kasus di Satpol PP, Merasa Dirugikan Melapor ke Kantor Polisi

"Saya kesini karena penasaran dan tertarik untuk melihat seperti apa tanaman bonsai itu," ungkapnya. (A)

Reporter: Mohamad To'at

Editor: Kardin

Baca Juga