Pamitan Pj Wali Kota Kendari Diwarnai Isak Tangis

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 27 Desember 2023
0 dilihat
Pamitan Pj Wali Kota Kendari Diwarnai Isak Tangis
Asmawa Tosepu mengucapkan salam perpisahan di hadapan ratusan ASN Kota Kendari saat membuka upacara di Kantor Balaikota Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pj Wali Kota Kendari resmi berganti. Asmawa Tosepu Rabu (27/12/2023) hari ini mengumpulkan ASN lingkup Kota Kendari untuk berpamitan, dalam apel gabungan yang digelar di Lapangan Kantor Balaikota Kendari, pukul 07.20 Wita "

KENDARI, TELISIK.ID - Pj Wali Kota Kendari resmi berganti. Asmawa Tosepu Rabu (27/12/2023) hari ini mengumpulkan ASN lingkup Kota Kendari untuk berpamitan, dalam apel gabungan yang digelar di Lapangan Kantor Balaikota Kendari, pukul 07.20 Wita.

Pemberhentian Asmawa Tosepu sebagai Pj Wali Kota Kendari terbilang mendadak mengingat masa jabatannya baru saja diperpanjang 9 Oktober 2023 lalu.

Di hadapan seluruh ASN Kota Kendari, Asmawa menuturkan permintaan maaf jika pernah melakukan kesalahan. Suasana upacara berlangsung hening. Usai upacara, Asmawa Tosepu disambut pelukan hangat seluruh jajaran ASN mulai pejabat eselon II hingga staf.

Ratusan ASN memenuhi ruangan Kantor Balaikota Kendari menunggu Pj Wali Kota menuju ke ruangan pribadinya. Nampak Sekda Kendari, Ridwansyah Taridala ikut menangis.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Abdul Rauf, mengaku sangat berterima kasih pada Asmawa Tosepu dalam masa kepemimpinannya di Kota Kendari. Ia menilai Asmawa banyak melakukan perubahan di Kota Kendari.

Baca Juga: Soal Kabar Pencopotan Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu: Siapa yang Berhentikan Saya?

Senada, Kepala Dinas DPMPTSP, Maman Firmansyah, juga berharap Pj Wali Kota Kendari yang baru bisa melanjutkan kebijakan positif yang dilakukan Asmawa. Diketahui, jabatan Pj Wali Kota Kendari yang baru akan dipegang oleh mantan Pj Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup.

Sebelumnya, pengamat politik Sulawesi Tenggara, Eka Suaib menilai kinerja Asmawa sukses menata Kota Kendari, mulai dari pembenahan infrastruktur, ketertiban masyarakat, hingga kinerja pemerintahan yang berjalan cukup bagus.

Baca Juga: Kabar Pergantian Pj Wali Kota Kendari Diduga karena Kepentingan Politik

"Kalau saya melihat ini, memang hampir tidak ada indikator yang kurang, dengan cara apa sebetulnya hingga Pak Asmawa ini dicopot," ujarnya pada beberapa waktu lalu.

Dekan FISIP UHO ini juga menilai, tak ada alasan yang relevan untuk memberhentikan Asmawa dengan kinerjanya seperti sekarang ini. la menduga, ada dua kemungkinan. Pertama, pemberhentian tersebut untuk memindahkan Asmawa ke daerah yang perlu dibenahi (membutuhkan penanganan pemimpin yang lebih baik dari infrastruktur, tata kota dan sebagainya). Sedangkan kemungkinan yang kedua adalah aspek politik.

Diketahui, Pj Wali Kota Kendari yang baru, Muhammad Yusup, akan dilantik oleh Pj Gubernur Andap Budhi Revianto di ruang pola Kantor Gubernur,  pagi ini. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga