Pekerja Luar Rumah Paling Rentan Tertular COVID-19

Siswanto Azis, telisik indonesia
Jumat, 08 Mei 2020
0 dilihat
Pekerja Luar Rumah Paling Rentan Tertular COVID-19
Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dr. Laode Rabiul Awal. Foto: Dul/Telisik

" Ada yang rentan, rentan terinfeksi, rentan terpapar oleh virus yaitu mereka-mereka yang masih memiliki aktivitas sosial yang sangat aktif. Masih di luar rumah untuk hal-hal yang kadang-kadang tidak penting. "

KENDARI, TELISK.ID – Jubir Satgas COVID-19 Sulawesi Tenggara, dr. Laode Rabiul Awal, menyebut bahwa masyarakat yang masih memiliki tingkat mobilitas tinggi merupakan kelompok yang rentan tertular  COVID-19.

"Ada yang rentan, rentan terinfeksi, rentan terpapar oleh virus yaitu mereka-mereka yang masih memiliki aktivitas sosial yang sangat aktif. Masih di luar rumah untuk hal-hal yang kadang-kadang tidak penting," kata Dokter Rabiul Awal, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan, mereka yang memiliki mobilitas seperti itu akan mudah terpapar COVID-19 karena bisa saja virus ini dibawa oleh orang lain tanpa disadarinya.

"Karena orang tanpa gejala sudah dipastikan tidak akan ada keluhan apa-apa, padahal di tubuhnya sudah ada virus," jelasnya.

Baca juga: Pernyataan Gubernur Sultra Soal Rumput Bergoyang, Ini Respon Masyarakat

Dia mengatakan, orang dengan keluhan yang ringan, tidak menginterpretasikan dirinya sedang sakit.

"Apabila ini mengenai lansia, para orangtua yang disertai penyakit-penyakit bawaan sebelumnya, pada kasus hipertensi, pada kasus diabetes, maka akan dengan cepat kondisinya memburuk," ujarnya.

Dia menerangkan, pada pasien COVID-19 seperti inilah yang membuat mereka cenderung cepat untuk meregang nyawa.

Oleh karena itu, Dokter Rabiul Awal meminta kita semua untuk melindungi mereka dengan cara tidak ke luar rumah. Jika memang ada sesuatu yang penting yang mengharuskan ke luar rumah, dia meminta supaya mengenakan masker.

"Tetap di rumah saja. Secepatnya kembali kalau memang sudah tidak ada yang dikerjakan," katanya.

Reporter: Dul

Editor: Rani

Baca Juga