Pemkab Konawe Salurkan Bantuan Fisik ke Kaum Disabilitas

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Salurkan Bantuan Fisik ke Kaum Disabilitas
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kanan) saat menyalurkan kursi roda kepada warga disabilitas. Foto: Ist

" Alat bantu bagi kaum disabilitas yang diberikan pemkab Konawe tersebut, dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konawe tahun 2021 "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, di bawah kepemimpinan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa transparan dalam memberikan perhatian kepada masyarakatnya, terkhusus bagi yang memiliki keterbatasan fisik atau disabilitas.

Bentuk kepeduliannya tersebut terbukti dilaksanakan ketika memasuki pertengahan Januari 2022 lalu, melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan sejumlah alat bantu fisik kepada penyandang disabilitas.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Konawe, Agusuyono mengatakan, alat bantu bagi kaum disabilitas yang diberikan pemkab Konawe tersebut, dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konawe tahun 2021.

Sementara jumlah penerima alat bantu fisik kepada penyandang disabilitas tersebut dilakukan berdasarkan usulan data yang diajukan dari pihak pemerintah desa (pemdes) maupun kelurahan di wilayah setempat. Misalnya dari kecamatan Unaaha, Wawotobi dan Tongauna.

Dinas Sosial Konawe saat menggelar penyaluran 24 alat bantu fisik untuk kaum disabilitas. Foto: Ist

 

"Sebanyak 24 penyandang disabilitas telah kami berikan bantuan alat bantu fisik pada tahun ini, dan merupakan hasil data usulan dari pemerintah setempat, desa dan kelurahan yang kami terima," kata Agusuyono beberapa waktu lalu.

Baca Juga: DAK Fisik Muna Rp 127,1 M dan Muna Barat Rp 69,5 M, Daya Serap Masih Rendah

Lebih lanjut, Agusuyono menjelaskan, penyaluran alat bantu fisik yang diberikan tersebut bentuknya beragam. Mulai dari kursi roda, tongkat pintar bagi kaum lansia, alat bantu pendengaran, serta alat bantu jalan (kruk).

Petugas Dinsos Konawe saat memasangkan alat pendengaran kapada kaum disabilitas. Foto: Ist

 

"Ini sudah menjadi tanggung jawab kami di Dinsos Konawe. Pak bupati juga sangat mendukung kegiatan itu," imbuhnya.

Agusuyono menambahkan, jika tahun 2021 Bupati Konawe juga ikut menyalurkan sebanyak 79 alat bantu fisik kepada kaum disabilitas, hasil kerjasama dari loka Meohai Kendari dan Dinas Sosial Konawe.

Para penerima bantuan kursi roda dari Dinas Sosial Konawe. Foto: Ist

 

"Bantuan 79 alat bantu fisik itu sumbernya dari Kementerian Sosial langsung, hanya pendistribusiannya kita kerjasama dengan loka Meohai Kendari," jelasnya.

Baca Juga: Proyek di Muna Barat Bakal Diawasi Jaksa

Agusuyono juga menjelaskan, jika persoalan penyandang disabilitas di daerah berjuluk lumbung beras Sulawesi Tenggara itu, sudah menjadi tanggung jawab Dinas Sosial Konawe.

Bahkan, saat ini pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar diberikan database sehingga pihaknya dapat mengetahui jumlah kaum disabilitas yang akan diberikan bantuan tersebut.

"Kalau punya data yang lengkap akan memudahkan dan membantu ketika membikin program untuk mereka. Makanya kami juga berharap dibantu pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan, untuk mendata jumlah warga disabilitas di wilayahnya masing-masing," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga