Perangkat Desa se-Sultra Bantu Korban Banjir Bandang di Kolut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 22 Desember 2020
0 dilihat
Perangkat Desa se-Sultra Bantu Korban Banjir Bandang di Kolut
Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Tenggara (Sultra) beserta APDESI Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyalurkan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat Kolut yang terdampak banjir bandang di empat desa. Foto: Muh Risal/Telisik

" Jadi ini panggilan kemanusiaan, meski bantuannya tidak seberapa tapi kami berharap dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sulawesi Tenggara (Sultra) beserta APDESI Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyalurkan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat Kolut yang terdampak banjir bandang di empat desa.

Selain menyalurkan bantuan kebutuhan pokok, APDESI Sultra juga akan merehabilitasi satu unit rumah warga terdampak banjir di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) APDESI Sultra, H. Tasman mengungkapkan, bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat   merupakan wujud empati APDESI atas musibah banjir bandang yang melanda beberapa desa di Kolut.

"Jadi ini panggilan kemanusiaan, meski bantuannya tidak seberapa tapi kami berharap dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah," kata Tasman, Selasa (22/12/2020).

Lebih lanjut Kades Muara Lapao-pao ini, mengatakan, semua bantuan yang diperuntukkan bagi korban banjir bandang di Kolut bersumber dari dana pribadi anggota APDESI. Termasuk satu unit rumah yang akan dibedah atap dan lantainya.

Baca juga: Pusat Perekonomian Baru akan Dibuka di Muna

"Semuanya bersumber dari dana pribadi anggota APDESI," terangnya.

Wakil Ketua Satu DPD APDESI Sultra sekaligus Ketua APDESI Kabupaten Kolaka, Ponggoro, S.Sos, mengatakan, gerakan kemanusiaan merupakan salah satu visi-misi APDESI.

"Untuk itu, bagi seluruh desa yang ada di Sultra agar solid membantu setiap ada bencana kemanusiaan yang terjadi di suatu daerah, sehingga masyarakat dapat melihat dan menilai bahwa APDESI benar-benar perduli terhadap masyarakat," pintanya.

Pada kesempatan yang sama Kades Patowonua, Kecamatan Lasusua, yang juga Ketua DPC APDESI Kolut, Musliadi, SH.,MH, menerangkan jumlah bantuan yang akan disalurkan ke masyarakat sebanyak 200 paket. Setiap paketnya terdiri dari satu karung beras 5 kg, satu bal mie instan, satu kilo gula pasir, dan satu liter minyak goreng.

"Jadi hari ini kami salurkan sekitar 20 paket di Desa Pitulua. Insyaallah besok kami salurkan lagi untuk masyarakat Desa Patowonu, Tojabi, Rante Limbong, dan Batu Ganda Permai," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga