Samsung Galaxy A05s HP Samsung Murah di Akhir 2023

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 31 Oktober 2023
0 dilihat
Samsung Galaxy A05s HP Samsung Murah di Akhir 2023
Samsung Galaxy A05s, HP Samsung dengan spesifikasi menarik di harga Rp 2,5 juta. Foto: Detik.com

" Produsen HP asal Korea Selatan, Samsung terkenal dengan HP-nya yang berkualitas namun memiliki harga yang cukup mahal. Tetapi, di akhir tahun 2023 ini Samsung merilis HP baru dari seri A yakni Samsung A05s dengan harga Rp 2,5 jutaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Produsen HP asal Korea Selatan, Samsung terkenal dengan HP-nya yang berkualitas namun memiliki harga yang cukup mahal. Tetapi, di akhir tahun 2023 ini Samsung merilis HP baru dari seri A yakni Samsung A05s dengan harga Rp 2,5 jutaan.

Berikut Telisik.id berikan rangkuman kelebihan dari HP Samsung ini:

Desain minimalis dan berkelas

Dalam desainnya, Samsung tampak tetap mempertahankan gaya minimalis pada desain bodi Galaxy A05s. Pada bagian belakang sang ponsel, lensa kamera dibiarkan tampil tampa adanya modul. Hal ini mirip seperti pendahulunya, Galaxy A04s.

Ketebalan HP ini ada di 8,8 mm. Meski begitu, ia tetap lebih tipis ketimbang Galaxy A04s (9,1 mm). Kemudian, bobotnya yang mencapai 194 gram membuat HP ini terasa tidak terlalu berat ketika dibawa.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Bikin Baterai HP Cepat Lowbat

Layar lebar dengan refresh 90 Hz

Layar yang digunakan Galaxy A05s menggunakan panel PLS LCD dengan refresh rate 90 Hz. Masih sama sebagai mana Galaxy A04s.

Namun, ada peningkatan di sisi resolusi. Semula cuma HD+ di Galaxy A04s, kini jadi Full HD+ (1080 x 2400) di Galaxy A05s. Resolusi yang meningkat tersebut berimbas pada detail yang lebih tinggi pada tampilan.

Hal ini menurut pegawai booth Samsung toko Aneka Jaya Mobile yang terletak di Jalan MT Haryono, Kendari, Andhika mengatakan, HP ini membuat pengalaman menonton film dan bermain game terasa nyaman walau tidak senyaman layar Amoled

“Layarnya luas jadi enak kalau mau main game dan nonton,” ungkapnya, Selasa (31/10/2023).

Dapur pacu yang mumpuni

Dapur pacu yang digunakan Samsung A05s menggunakan Snapdragon 680 dari Qualcomm yang biasa digunakan oleh HP di atas Rp 2,5 juta. SoC ini juga lebih bagus ketimbang Exynos 850 milik Galaxy A04s.

Snapdragon 680 sudah memiliki CPU dengan inti performa. SoC ini pun sudah mengadopsi memori internal UFS 2.2 yang lebih baik ketimbang eMMC 5.1. Kinerjanya pun terasa lebih gesit, bahkan ketika membuka aplikasi berat dan buat main game.

Untungnya lagi, Snapdragon 680 dipasangkan dengan konfigurasi memori yang sudah cukup yakni 6 GB RAM dan memori internal 128 GB. Dengan RAM yang mencukupi, Anda bisa merasakan pengalaman multi-tasking yang menyenangkan.

Menurut reviewer HP, Ahmad Tsalis dari Carisinyal.com, HP ini mampu memainkan game-game berat dengan lancar walau terasa agak kurang nyaman.

“Galaxy A05s juga bisa jalankan game-game populer lain semacam PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Minecraft, EA Sports FC, dan lain sebagainya. Genshin Impact masih bisa jalan,” tuturnya.

Tiga kamera belakang

Ada tiga kamera belakang dari HP ini yaitu kamera utama autofokus 50 MP (f/1.8) dan dua kamera bonus yakni kamera makro serta sensor kedalaman. Dua kamera bonus itu punya resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Kamera utama Galaxy A05s mampu merekam video 1080p di 30 FPS dan 60 FPS. Fitur perekaman 60 FPS cukup langka di HP kelas terjangkau. Bahkan HP lain dengan SoC Snapdragon 680 pun jarang ada yang punya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi HP Gaming 2023, Main Game Anti Lemot

Dengan kombinasi kamera tersebut, HP ini mampu mendapatkan gambar maupun video yang cantik dan mulus seperti yang disampaikan oleh karyawan booth Samsung di GMT MT Haryono, Reny, jika HP ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk bermain game.

“Kualitas kameranya sudah 50 MP jadi kalau ambil gambar termasuk yang jernih hasilnya,” jelasnya.

Baterai besar dengan pengisian cepat 25 Watt

Samsung Galaxy A05s memiliki kapasitas baterai 5000 mAh. Kapasitas yang besar, tetapi sudah lumrah untuk HP zaman sekarang. Menurut Raphil, salah satu sales Samsung di GMT MT Haryono, penyimpanan besar tersebut dapat digunakan bermain game seharian walau hanya sekali cas.

“Baterainya sudah 5.000 mAh, kalau main game terus satu hari, masih bisa,” tuturnya. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga