adplus-dvertising

Selang Gas Bumi Keluarkan Api, Rumah Warga Nyaris Ludes Terbakar

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 29 Maret 2022
450 dilihat
Selang Gas Bumi Keluarkan Api, Rumah Warga Nyaris Ludes Terbakar
Korban ketika menunjukkan api yang berasal dari selang gas bumi milik PGN bersama petugas kepolisian. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Rumah seorang warga nyaris ludes karena sambaran api yang keluar dari selang gas tanam "

MEDAN, TELISIK.ID - Selang gas bumi milik Perusahaan Gas Negara (PGN) mengeluarkan api dan membakar kediaman warga di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Dusun V, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (29/3/2022) pagi.

Rumah korban, Sofian (40), nyaris ludes karena sambaran api yang keluar dari selang gas tanam itu. Bahkan ketinggian api mencapai dua meter dan sejauh lima meter ke samping.

Api menyambar seng dan kayu teras rumah korban. Beruntung, hanya spanduk yang dijadikan penghalang panas matahari yang ludes.


Informasi yang dihimpun, insiden itu terjadi sekira pukul 06:00 WIB. Saat itu korban sedang menyiram debu yang ada di depan rumahnya. Tiba-tiba ada api dari seputaran selang gas. Dengan cepat, korban berteriak dan didengar oleh warga.

Kemudian, korban bersama dengan warga lainnya menyiram api itu dengan air parit dan air sumur seadanya.

"Dengan cepat api menyambar benda yang mudah terbakar di rumah, yaitu plastik (spanduk) penghalang terik matahari di depan rumah. Saya bersama dengan warga langsung menyiram api dengan air dan pakai kain basah," ungkap Sofian.

Sambil memadamkan api dengan air, warga meminta pertolongan pemadam kebakaran Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Tidak lama kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Baca Juga: Dua Masih DPO, Satu Pelaku Pengrusakan Apotek di Puuwatu Ditangkap Polisi

"Setelah dua unit pemadam kebakaran datang, api benar-benar padam. Untung saja api itu belum sempat menyambar kediaman kami," tuturnya.

Orang tua Sofian bernama Salam (65) menambahkan, saat kejadian, dirinya baru pulang dari salat Subuh di masjid yang berada tidak jauh dari lokasi.

"Saya pulang dari masjid langsung kaget melihat api yang membesar. Sampai saat ini api sudah padam," katanya.

Petugas kepolisian dari Sektor Tanjung Morawa, Polresta Deli Serdang melakukan pengecekan ke lokasi. Kondisi api sudah padam.

Baca Juga: Seorang Suami di Konut Sileti Wajah Istrinya

Pantauan awak media di lokasi kejadian, terlihat petugas dari PGN menggali selang atau pipa gas yang telah rusak karena terbakar. Mereka memotong selang gas itu agar api tidak muncul dan membakar rumah warga.

Kapolsek Tanjung Morawa AKP Firdaus Kemit ketika dikonfirmasi awak media mengakui adanya insiden itu.

"Iya benar, tadi ada kejadian kebakaran. Anggota sudah melakukan cek ke lokasi dan memeriksa sejumlah saksi, termasuk pemilik rumah. Tim sedang bekerja untuk mengetahui secara detail penyebab kebakaran itu, apakah penyebabnya dari selang gas bumi atau tidak. Kami akan mengambil keterangan saksi lainnya," ungkapnya. (A)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga