adplus-dvertising

Siap-Siap Saldo ATM Membengkak, Ini Bantuan yang Cair Bulan Juli

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 06 Juli 2021
13127 dilihat
Siap-Siap Saldo ATM Membengkak, Ini Bantuan yang Cair Bulan Juli
Petugas menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak COVID-19. Foto: Repro Liputan6.com

" Siap-siap saldo ATM anda membengkak. Pasalnya, Pemerintah mempercepat penyaluran berbagai bantuan sosial (bansos) pada Juli 2021. "

KENDARI, TELISIK.ID - Siap-siap saldo ATM anda membengkak. Pasalnya, Pemerintah mempercepat penyaluran berbagai bantuan sosial (bansos) pada Juli 2021.

Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang menghadapi tekanan ekonomi akibat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat 3-20 Juli 2021.

Lalu, apa saja bantuan yang diberikan pemerintah pada Juli 2021? Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Cnnindonesia.com.


1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan penyaluran PKH akan diberikan tiga bulan sekaligus pada Juli 2021. Dana yang dialokasikan untuk PKH sebesar Rp 28,31 triliun sepanjang tahun ini.

Pemerintah memberikan bantuan PKH untuk masyarakat rentan sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan. Untuk keluarga yang memiliki anak usia dini dan ibu hamil, dana yang diberikan sebesar Rp 3 juta, Rp 900 ribu untuk kategori pendidikan anak SD.

Kemudian, Rp 1,5 juta untuk pendidikan anak SMP, Rp 2 juta untuk pendidikan anak SMA, serta penyandang disabilitas dan lansia Rp 2,4 juta.

2. Diskon Listrik

Pemerintah memperpanjang diskon listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Hal ini berlaku hingga September 2021 mendatang.

Stimulus diberikan untuk 32,6 juta pelanggan PT PLN (Persero). Hanya saja, diskon yang diberikan lebih kecil dari sebelumnya.

Pelanggan 450 VA hanya diberikan diskon 50 persen dari tagihan, sedangkan sebelumnya digratiskan. Lalu, diskon pelanggan 900 VA turun dari 50 persen menjadi 25 persen dari tagihan.

Baca juga: Penumpang Garuda Indonesia Wajib Miliki Sertifikat Vaksin

Baca juga: Rachmawati Soekarnoputri Tokoh Reunifikasi Korea, Ucapan Duka Mengalir dari Berbagai Negara

3. Bansos Sosial Tunai (BST)

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya telah menyiapkan bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu per penerima. Bantuan akan digelontorkan di tengah PPKM darurat diterapkan.

BST merupakan program bansos yang sempat dihentikan pada April 2021 lalu. Bansos rencananya akan disalurkan mulai pekan ini.

Bansos tunai akan diberikan ke 10 juta penerima. Penyaluran akan dilakukan melalui kantor pos seperti sebelumnya.

4. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT akan diberikan kepada 18,8 juta penerima. Pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan kepada penerima.

Bantuan disalurkan melalui akun elektronik untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

5. BLT Dana Desa

Kali ini bantuan sosial yang difasilitasi oleh Kementerian Desa (Kemendesa). Pasalnya, mulai dari penyalur hingga penerima, semuanya merupakan warga desa.

Dilansir dari Metroplus.com, BLT Dana Desa merupakan implementasi dari instruksi presiden tentang alokasi anggaran desa.

Presiden mau pemerintah desa mendahulukan bantuan untuk warganya di atas program desa yang lain.

Besaran BLT ini adalah Rp 300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Klik sid.kemendesa.go.id untuk mengetahui daftar penerima di desa Anda. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga