Sudah 2 Bulan Pilot Susi Air Disandera, Prabowo dan Panglima TNI Belum Berkutik

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 12 April 2023
0 dilihat
Sudah 2 Bulan Pilot Susi Air Disandera, Prabowo dan Panglima TNI Belum Berkutik
Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengedepankan “negosiasi damai” setelah dua bulan menyandera pilot Susi Air, Philip Max Merhtens. Foto: Repro Republika.co.id

" TPNPB-OPM mengedepankan “negosiasi damai” setelah dua bulan menyandera pilot Susi Air, Philip Max Merhtens "

PAPUA, TELISIK.ID - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengedepankan “negosiasi damai” setelah dua bulan menyandera pilot Susi Air, Philip Max Merhtens.

Satgas Damai Cartenz yang terlibat dalam pembebasan sandera mengatakan, upaya negosiasi terus dilakukan. Dalam rilis resminya, Satgas Damai Cartenz mengatakan pencarian pilot masih berlangsung dengan wilayah pencarian yang semakin luas, mencakup empat kabupaten, yaitu Nduga, Lanny Jaya, Yahukimo, dan Puncak.

Berbarengan dengan itu, negosiasi juga terus dilakukan, kata Kepala Satgas Humas Damai Cartenz, Donny Charles Go.

Negosiasi terus dilakukan oleh pimpinan daerah dengan tim nego. Tim nego sudah punya penawaran sendiri,” kata Donny dilansir BBC News.

Sementara itu Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan, dirinya tidak ingin memerangi teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dalam pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Methrtens, yang sudah dua bulan disandera KKB.

Baca Juga: Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua, Begini Kondisi Penumpang

Yudo khawatir KKB malah menjadikan warga di Papua menjadi "tameng" ketika berperang. "Saya tidak mau menggunakan cara perang. Nanti kalau cara perang, banyak penduduk yang jadi korban yang digunakan mereka sebagai 'tameng'," ujar Yudo dilansir dari Kompas.com.

Menurut dia, operasi pembebasan pilot Susi Air jangan sampai malah membuat nyawa masyarakat hingga tokoh setempat menjadi korban.

"Utamakan keselamatan jiwa masyarakat dan juga tokoh-tokoh masyarakat, agama juga pemerintah daerah, khususnya bupati di suatu daerah yang terus meminta untuk supaya TNI terus berusaha semaksimal mungkin supaya tidak timbul korban," tutur Yudo.

Baca Juga: Video: Ternyata Ini Alasan KKB Bakar Pesawat Hingga Sandera Pilot dan Penumpang Susi Air

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto sebelumnya juga menanggapi Kelompok Kriminal Bersenjata OPM yang mengklaim bahwa saat ini Philips Mark Methrtens telah menjadi tawanan atau sandera.

Ia mengatakan, saat ini proses pencarian pilot Susi Air itu sedang dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Polri di Papua.

"Ya nanti saya kira Kodam, Polda (Papua) sedang menangani itu. Kita lihat perkembangannya," kata Prabowo dilansir dari Viva.co.id. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga