Tal Mitnick Tolak Gabung jadi Tentara Israel untuk Serang Gaza

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 30 Desember 2023
0 dilihat
Tal Mitnick Tolak Gabung jadi Tentara Israel untuk Serang Gaza
Pengadilan militer Israel telah menjatuhkan hukuman penjara selama 30 hari kepada Tal Mitnick (18). Foto: Timeofisrael.com

" Pengadilan militer Israel telah menjatuhkan hukuman penjara selama 30 hari kepada Tal Mitnick (18). Hukuman tersebut diberikan karena Mitnick menolak mengikuti wajib militer dalam rangka menentang peperangan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengadilan militer Israel telah menjatuhkan hukuman penjara selama 30 hari kepada Tal Mitnick (18). Hukuman tersebut diberikan karena Mitnick menolak mengikuti wajib militer dalam rangka menentang peperangan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Wajib militer adalah kewajiban masyarakat Israel. Sulit untuk sepenuhnya mempercayai angka-angka IDF karena kurangnya transparansi, namun angka resminya menunjukkan bahwa 69 persen pria dan 56 persen wanita wajib militer pada usia 18 tahun.

Hal ini menjadikan seragam militer sebagai lambang identitas kolektif nasional. mungkin bahkan lebih penting daripada bendera, yang dicontohkan oleh pepatah Israel: “Bangsa yang membangun tentara berarti bangsa yang membangun dirinya sendiri.”

Baca Juga: Tak Ada Makanan hingga Rumah Sakit Tidak Berfungsi, PBB Baru Tunjuk Koordinator Bantuan Kemanusiaan di Gaza

"Saya menolak untuk percaya bahwa lebih banyak kekerasan akan membawa keamanan. Saya menolak untuk mengambil bagian dalam perang balas dendam,” tulis Mitnick dalam sebuah pernyataan dilansir dari Theguardian.com.

Dia mengungkapkan, Israel harus mengakui fakta bahwa setelah berminggu-minggu operasi darat di Gaza, pada akhirnya hanya negosiasi dan kesepakatan yang akan memulangkan orang-orang yang disandera Hamas.

Baca Juga: Imbas Israel Serang Palestina, Houthi Yaman Ngamuk di Laut Merah

“Sebenarnya tindakan militerlah yang menyebabkan mereka (para sandera) terbunuh,” ucapnya dikutip dari Republika.co.id

Pertengahan bulan Desember, personel IDF secara keliru menembak mati tiga warga Israel yang disandera Hamas. Pasukan Israel menyangka ketiga warganya itu sebagai anggota Hamas. Mitnick adalah warga Israel pertama yang dipenjara karena menentang perang Israel di Gaza. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga