Target Nilai Investasi di Muna Barat Tercapai Lewat Sapa Kampung

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 05 Oktober 2024
0 dilihat
Target Nilai Investasi di Muna Barat Tercapai Lewat Sapa Kampung
Program Sapa Kampung DPMPTSP Muna Barat memberi pelayanan mudah bagi masyarakat di desa. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Program "Sapa Kampung" yang digagas oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muna Barat telah berhasil mempermudah masyarakat dalam urusan perizinan usaha, dan target nilai investasi di kabupaten ini pun telah tercapai "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Program "Sapa Kampung" yang digagas oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muna Barat telah berhasil mempermudah masyarakat dalam urusan perizinan usaha, dan target nilai investasi di kabupaten ini pun telah tercapai.

Program ini rutin dilaksanakan di setiap desa dan kelurahan di tiga wilayah Muna Barat, mencakup area pesisir dan daratan.

Sekretaris DPMPTSP, Masrul, menjelaskan bahwa Sapa Kampung adalah program tahunan yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam mendapatkan izin, seperti penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pelayanan pelaporan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), serta pengaduan.

Baca Juga: DPP PDIP Tunjuk Muhamad Rahim jadi Ketua DPRD Muna

“Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus penerbitan NIB dan pelayanan lainnya, terutama di daerah terpencil yang sulit dijangkau,” ungkap Masrul pada Sabtu (5/10/2024).

Kepala Bidang Penyelenggara Perizinan dan Non Perizinan DPMPTSP, Amiruddin, menambahkan bahwa Sapa Kampung di Desa Katobu adalah pelaksanaan yang kesembilan untuk tahun 2024.

“Tahun ini kami telah melaksanakan program di sembilan titik di Muna Barat, dan Desa Katobu menjadi titik terakhir,” jelas Amiruddin.

Baca Juga: Pemkab Muna Barat Raih SAKIP Award 2024 untuk Tingkatkan Transparansi Kinerja

Melalui sembilan titik tersebut, DPMPTSP berhasil mencapai target nilai investasi yang ditetapkan oleh provinsi sebesar Rp 30 miliar. Hingga saat ini, nilai investasi yang berhasil dicapai di tahun 2024 sudah mencapai Rp 42 miliar.

Amiruddin berharap program Sapa Kampung dapat terus berlanjut untuk mendorong perekonomian di desa-desa. “Kami berharap program ini akan terus dilaksanakan demi membangkitkan perekonomian masyarakat di Muna Barat,” pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga