Tidak Hanya Kebersihan Kota, Petugas Pengangkut Sampah Juga Garda Terdepan Jaga Kesehatan Masyarakat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 02 Agustus 2021
0 dilihat
Tidak Hanya Kebersihan Kota, Petugas Pengangkut Sampah Juga Garda Terdepan Jaga Kesehatan Masyarakat
Petugas kebersihan saat mengangkut sampah di TPS. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" petugas kebersihan ini termasuk berada di garda terdepan dalam menjaga kesehatan masyarakat dari sampah yang berserakan "

KENDARI, TELISIK.ID – Petugas kebersihan menjadi bagian dari pihak yang berada di garda terdepan dalam menjaga kesehatan warga masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Lingkungan dan Adiwiyata DLHK Kendari, Ratna. Menurutnya, para petugas kebersihan atau pengangkut sampah ini tidak hanya mengangkut sampah di TPS saja, tetapi lebih dari itu.

Dimana, kata dia, petugas kebersihan  ini termasuk berada di garda terdepan dalam menjaga kesehatan masyarakat dari sampah yang berserakan.

“Teman-teman petugas kebersihan ini juga menjadi garda terdepan, dalam hal ini mencegah kontaminasi silang dari sampah atau limbah yang tergolong berbahaya, sepeti limbah medis,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Olehnya itu, lanjut dia, keberadaan para petugas kebersihan ini harus juga diperhatikan, khususnya melindungi mereka dengan tidak membuang sampah atau limbah medis atau B3 di TPS sehingga bercampur dengan sampah domestik lainnya.

“Mereke ini masih sehat dan produktif, sehingga mereka juga harus dilindungi,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 DLHK Kendari, Zulkarnaim mengungkapkan, petugas yang mengangkut sampah di Kendari sebanyak 270 orang yang terdiri 54 supir truk dan 216 buruh sampah.

Sementara untuk armada pengangkut sampahnya sebanyak 38 unit, dan akan bertambah sebanyak Sembilan unit pada tahun 2021 ini.

Baca Juga: 16 Petugas Disiapkan DLHK Kendari Bersihkan Kali

Baca Juga: DLHK Bakal Usul Pengadaan Perahu Tangani Sampah di Laut

“Jadi setiap hari para petugas ini bekerja dalam dua shif, yakni pagi dan siang,” ujarnya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kota Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, dalam menata lingkungan Kota Kendari, ada 153 tenaga RTH atau ruang terbuka hijau yang bertugas.

Ratusan petugas tersebut terdiri dari enam unit yakni untuk pembabat, median, unit penyiram, pembibit, pemangkas, dan unit taman Kendari Beach.

"Merekalah yang membantu menata kota, sehingga Kota Kendari terlihat tertata dengan cantik dan ini juga dapat menurunkan tingkat stress warga perkotaan,," jelasnya. (A-Adv)

Reporter: Fitrah Nuhgraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga