Try Out UNBK Berbasis Android

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 Januari 2020
0 dilihat
Try Out UNBK Berbasis Android
Tryout ujian sekolah /UNBK berbasis android Foto: Repro Google.com

" Try out berbasis android ini pertama kali menggunakan android, bertujuan melatih dan membiasakan siswa mengerjakan soal menggunakan teknologi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Berbeda dengan yang lainnya, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kendari bakal melaksanakan try out (uji coba) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berbasis android.

Baca Juga: Korban Skimming Masih Bertambah, Kerugian Capai Rp 500 Juta

Kepala SMAN 2 Kendari, Sarkia mengatakan, pelaksanaan try out tersebut bakal dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 23 - 24 Januari 2020, merujuk jadwal serentak SMA sederajat di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Untuk itu, kata dia, berbagai persiapan dilakukan sekolah untuk menghadapi perhelatan tahunan tersebut, khususnya hal-hal yang terkait dengan android.

"Try out berbasis android ini pertama kali menggunakan android, bertujuan melatih dan membiasakan siswa mengerjakan soal menggunakan teknologi,” katanya/kepada awak media, Selasa (21/1/2020).

Ia menyebut, siswa yang akan mengikuti try out menggunakan android sebanyak 374 orang. Angka ini sesuai dengan jumlah siswa yang akan mengikuti UNBK Maret 2020 mendatang.

“Try out menggunakan sistem android merupakan terobosan SMAN 2 Kendari. Diharapkan seluruh siswa mengetahui mekanisme, sistem, pola dan cara menjawab soal UNBK nanti,” ujarnya.

Mengenai teknis try outnya, tambah dia, hampir sama dengan sistem pelaksanaan UNBK. Untuk jenis soalnya sama dengan Mata Pelajaran (Mapel) yang akan diujikan dalam UNBK.

“Seperti Mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, serta IPA atau IPS. Sedikit berbeda proses pelaksanaan try out dan UNBK, kalau try out pengerjaan soal offline kalau UNBK itu harus online," tambahnya.

Olehnya itu, Ia melanjutkan, try out yang digagas ini soal dan jawabannya sudah terkoneksi dengan aplikasi yang dibuat panitia try out SMAN 2 Kendari. Keamanan aplikasi sangat terjaga dan aman. Artinya, siswa tidak dapat mencontek atau melihat aplikasi selain aplikasi soal try out.

"Siswa tidak bisa buka aplikasi lain selain aplikasi itu (try out). Kalau coba buka aplikasi lain, otomatis siswa akan keluar dari aplikasi dan harus mengulang jawaban dari awal," lanjutnya.

Ia berharap, try out berbasis android dapat berjalan lancar tanpa terkendala apapun. Sehingga, tujuan dapat melatih siswa menjawab soal pada UNBK sesungguhnya.

Untuk diketahui, try out akan menggunakan enam laboratorium dengan tiga sesi dalam satu hari yang dilaksanakan pada bulan Maret mendatang.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Sumarlin

Baca Juga