STIP Wuna Bisa Jadi Universitas Asal Tambah Tiga Prodi Non Eksakta

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 14 Oktober 2021
0 dilihat
STIP Wuna Bisa Jadi Universitas Asal Tambah Tiga Prodi Non Eksakta
Anggota DPRD Muna bersama perwakilan LLDIKTI. Foto: Ist.

" "Selain tiga prodi tambahan itu, ada opsi lain dengan merger bersama yayasan pendidikan lain seperti Akademi Kebidanan Paramata Raha dan Akademi Keperawatan Pemkab Muna "

MUNA, TELISIK.ID - Rencana Bupati Muna, LM Rusman Emba meningkatkan status Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna menjadi universitas mendapat dukungan dari DPRD.

Untuk mendorong peningkatan status tersebut, DPRD Muna melakukan konsultasi pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah IX Makassar.  

"Kedatangan kita di LLDIKTI untuk minta petunjukproses menaikkan status yayasan menjadi universitas," kata Muhamad Natsir Ido, Wakil Ketua DPRD Muna, Kamis (14/10/2021).

Dari hasil konsultasi, peningkatan status yayasan terbuka luas pasca dicabutnya moratorium. Hanya saja ada syarat yang harus dipenuhi yayasan STIP Wuna dengan menambah tiga prodi non eksakta yang meliputi kewirausahaan, manajemen dan perpustakaan.  

"Selain tiga prodi tambahan itu, ada opsi lain dengan merger bersama yayasan pendidikan lain seperti Akademi Kebidanan Paramata Raha dan Akademi Keperawatan Pemkab Muna," terangnya.

Baca Juga: Jalin Kerjasama dengan PT Tiran Group, UMW Motivasi Mahasiswa Terjun ke Dunia Entrepreneur

Baca Juga: Lewat Pentas Teatrikal, Mahasiswa IAIN Kendari Dukung Percepatan UIN

Di STIP Wuna saat ini baru ada empat prodi meliputi, Budidaya Perairan, Kehutanan, Agribisnis dan Agroteknologi. Nah, dengan dilakukan penambahan tiga prodi, bisa memuluskan STIP menjadi universitas.

"LLDIKTI membuka ruang dan mendukung terwujudnya universitas melalui dua opsi," ungkap Ketua DPD II Golkar Muna itu.

Apa yang menjadi masukan dari LLDIKTI itu, tambah Natsir, akan disampaikan ke Bupati LM Rusman Emba, sehingga bisa dilakukan langkah-langkah percepatan, mengingat sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kita akan terus mendorong terbentuknya universitas yang merupakan keinginan bupati," timpalnya.

Nah, bila universitas sudah terwujud, pihak kampus tidak susah lagi nantinya menambah prodi. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga