Unsultra Siapkan Beasiswa UKT untuk Mahasiswa

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 11 Juli 2020
0 dilihat
Unsultra Siapkan Beasiswa UKT untuk Mahasiswa
Dekan Fakultas Hukum Unsultra, Basodin, SH.MH. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Selain tiga syarat itu, mahasiswa calon penerima beasiswa UKT harus melengkapi surat pernyataan tidak mampu dari kelurahan atau desa dan membuat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa yang bersumber dari APBN dan APBD. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai bentuk perhatian kepada mahasiswanya yang terdampak pandemi COVID19, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menyiapkan biaya untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswanya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum Unsultra, Basodin, SH. MH. Dikatakan, proses pengajuan permohonan beasiswa dibuka secara online melalui https://bit.ly/usulcalonmhspenwrimaUKT. Dilakukan verifikasi data mulai 23 Juni 2020 sampai 11 Juli 2020.

Adapun kriteria mahasiswa yang dapat menerima dana bantuan pandemi adalah, pertama, orang tua atau penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial dan tidak sanggup membayar UKT semester ganjil 2020.

Kedua, tidak sedang dibiayai program KIP-K atau program beasiswa lainnya yang membiayai UKT secara penuh maupun sebagian. Ketiga, mahasiswa yang sedang menjalankan perkuliahan semester ganjil tahun 2020, yakni pada semester 3, 5, dan 7.

Baca juga: UHO Siap Sambut Kembali Mahasiswa dengan Penerapan New Normal

"Selain tiga syarat itu, mahasiswa calon penerima beasiswa UKT harus melengkapi surat pernyataan tidak mampu dari kelurahan atau desa dan membuat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa yang bersumber dari APBN dan APBD," terang Basodin kepada Telisik.id, Sabtu (11/7/2020).

Lebih lanjut Ia menambahkan, bantuan dana untuk UKT ini merupakan realokasi dari anggaran pendidikan tinggi sebagai bentuk upaya antisipasi masalah pembayaran UKT.

“Akibat dari pandemi COVID-19 ini, banyak mahasiswa yang berpotensi tidak bisa melanjutkan pendidikan mereka," ujarnya.

Sejak dibuka pendaftaran sampai saat ini, mahasiswa yang mengajukan beasiswa UKT di Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Tenggara, tercatat ada 62 yang meenyetorkan berkasnya.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga