UHO Siap Sambut Kembali Mahasiswa dengan Penerapan New Normal

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 09 Juli 2020
0 dilihat
UHO Siap Sambut Kembali Mahasiswa dengan Penerapan New Normal
Gedung rektorat UHO. Foto: uho.ac.id

" Himbauan protokol kesehatan ini memang tidak mengikat, kita tidak bisa memaksa. Tapi yah, namanya juga kesehatan tidak perlu kita atur, karena bagi yang mau sehat pasti akan mengikuti protokol tersebut. Yang jelas kita sudah siapkan semua. "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) menyiapkan berbagai protokol kesehatan untuk menyambut kembali mahasiswa pada tahun ajaran baru 2020/2021.

Rektor UHO, Muhammad Zamrun mengatakan, mahasiswa bakal kembali melakukan kegiatan proses belajar mengajar secara offline atau tatap muka pada tahun ajaran baru nanti, sebagaimana biasanya seperti sebelum ada pandemi COVID-19.

Hanya saja, kata dia, saat pelaksanaan kegiatan akademik di kampus nanti, protokol kesehatan tetap dilaksanakan, bahkan menjadi suatu kewajiban untuk dilakukan. Sarana atau fasilitasnya pun juga sudah siapkan.

"Protokol kesehatan yang dimaksud seperti jaga jarak, memakai masker, dan maksimal 20 orang dalam ruangan. Termasuk cuci tangan yang juga kita sudah fasilitasi. Semua ini sudah kita kerjakan," katanya kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Baca juga: Rektor UHO: Calon Mahasiswa Positif COVID-19 Dipastikan Gugur

Sementara, lanjut dia, untuk pemeriksaan rapid test memang tidak dilakukan. Mengingat, saat kegiatan akademik di kampus tidak semua mahasiswa langsung datang bersamaan, tapi begitu datang mereka langsung ke program studi (Prodi) masing-masing.

Sistem perkuliahan ini sudah diterangkan melalui surat edaran yang dikeluarkan pada 5 Juni lalu. Dalam surat edaran tersebut menjelaskan bagaimana proses kegiatan akademik maupun non akademik di lingkup UHO dan itu sudah disebar di semua fakultas dan prodi.

Bahkan, tambah dia, ketika ada mahasiswa dari luar kabupaten atau provinsi, apalagi jika daerahnya termasuk zona merah, maka mahasiswa bersangkutan harus isolasi mandiri selama 14 hari sebelum beraktivitas di kampus.

"Himbauan protokol kesehatan ini memang tidak mengikat, kita tidak bisa memaksa. Tapi yah, namanya juga kesehatan tidak perlu kita atur, karena bagi yang mau sehat pasti akan mengikuti protokol tersebut. Yang jelas kita sudah siapkan semua," lanjutnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga