Waspada Cuaca Buruk, Pemilik Kapal dan Nelayan Diimbau Tunda Pelayaran

Muh. Sabil, telisik indonesia
Sabtu, 03 April 2021
0 dilihat
Waspada Cuaca Buruk, Pemilik Kapal dan Nelayan Diimbau Tunda Pelayaran
Perairan di kawasan pelabuhan penyeberangan Kolaka. Foto: Muh. Sabil/Telisik

" Kalau memang harus berlayar, baik operator atau perusahaan yang mengoperasikan kapal, nakhoda dan kapal nelayan tradisional ataupun para pihak terkait, untuk memastikan kapal yang dioperasikan layak untuk keselamatan pelayaran dan nyawa manusia harus menjadi prioritas dibandingkan lainnya. "

KOLAKA, TELISIK.ID - Cuaca buruk dan gelombang tinggi terjadi di kawasan Pelabuhan Kolaka pada hari Jumat (2/4/2021).

Data dan pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, ada potensi angin dan gelombang tinggi terjadi di perairan Teluk Bone dan sekitarnya termasuk perairan Pulau Padamarang Kolaka.

Surat peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar itu berlaku mulai hari Jumat (2/4/2021) sampai Sabtu (3/4/2021).

Baca juga: Konawe Selatan Punya Qori dan Qoriah Terbaik

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Kolaka Ipda Maharani memberikan imbauan kepada seluruh operator dan awak kapal barang, penumpang, kapal penyeberangan bahkan kapal-kapal nelayan tradisional untuk waspada bahkan menunda pelayaran karena gelombang tinggi dan cuaca buruk yang terjadi pada hari Jumat (2/4/2021), masih berpotensi terjadi sampai hari ini.

"Kalau memang harus berlayar, baik operator atau perusahaan yang mengoperasikan kapal, nakhoda dan kapal nelayan tradisional ataupun para pihak terkait, untuk memastikan kapal yang dioperasikan layak untuk keselamatan pelayaran dan nyawa manusia harus menjadi prioritas dibandingkan lainnya," terangnya, Sabtu (3/4/2021).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Kolaka (KPK) juga meminta agar pengusaha pelayaran maupun nelayan tradisional untuk senantiasa memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan pelayaran di laut dan selalu mencari tahu update edaran terbaru prakiraan cuaca dari BMKG.

Hal ini menyusul adanya laporan yang diterima Kepala Basarnas Kendari mengenai hilangnya seorang nelayan dari Kolaka saat berlayar pada hari Jumat (2/4/2021) sore di Pulau Padamarang Kabupaten Kolaka. (B)

Reporter: Muh. Sabil

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga