11 Rekomendasi Turunkan Diabetes dari Herbal Alami hingga Rebusan Daun Sakti

Ahmad Jaelani

Reporter

Sabtu, 20 Juli 2024  /  10:23 am

Herbal alami dan rebusan dedaunan dapat meminimalisir penderita diabetes. Foto: Repro buyselloov.best

JAKARTA, TELISIK.ID - Meski diabetes adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan, gejala dan risiko komplikasinya bisa diminimalkan melalui sejumlah obat-obatan herbal. Selain pengobatan medis, ada beberapa obat diabetes alami yang juga diketahui dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil adalah salah satu kunci sehat bagi penderita diabetes. Selain melalui obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, penderita juga bisa mencoba beberapa obat diabetes alami dari tumbuhan herbal, seperti lidah buaya (aloe vera), kunyit,  jahe, hingga rebusan dedaunan herbal.

Namun, perlu diingat bahwa obat-obatan alami tidak bisa menggantikan obat-obatan yang diresepkan dokter serta tidak dapat menyembuhkan diabetes. Akan tetapi, bila dikombinasikan dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan telah diperbolehkan oleh dokter, pengobatan diabetes alami tersebut bisa memberikan efek positif bagi penderita diabetes.

Adapun beberapa rekomendasi obat diabetes alami, seperti dilansir dari siloamhospital.com, Sabtu (20/7/2024) adalah sebagai berikut:

1. Aloe Vera

Obat diabetes alami yang pertama adalah aloe vera atau lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh cukup beragam, termasuk memperlambat perkembangan penyakit diabetes tipe 2.

Penelitian yang dipublikasikan pada The Journal of Alternative and Complementary Medicine menyebutkan bahwa lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan hemoglobin A1C (HbA1C).

Lidah buaya dapat dikonsumsi dengan menambahkan daging lidah buaya yang telah dihaluskan ke dalam minuman, seperti smoothie, atau dapat dikonsumsi sebagai suplemen dalam bentuk kapsul.

2. Bawang Merah

Tanaman yang menjadi bahan utama makanan ini dipercaya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan obat alami untuk diabetes.

Baca Juga: 9 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang merah mentah dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan 2.

3. Kunyit

Tidak hanya menjadi bahan penyedap makanan, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Kandungan antioksidan tersebut membuat kunyit dapat membantu mencegah perkembangan penyakit dan meminimalkan risiko terjadinya komplikasi diabetes.

4. Ginseng

Sejak ratusan tahun yang lalu, ginseng telah dipercaya mampu membantu meningkatkan stamina dan mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk diabetes. Pasalnya, ginseng diketahui bisa membantu mengontrol penyerapan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga gula darah tidak akan melonjak secara tiba-tiba.

Manfaat tersebut didapatkan dari kandungan senyawa ginsenosides yang bisa memengaruhi kadar insulin dalam tubuh dan menurunkan kadar gula darah. Kendati demikian, efek penurunan gula darah bisa bervariasi, tergantung dari senyawa aktif yang terkandung dalam masing-masing ginseng.

5. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh juga tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, tanaman herbal ini juga digadang sebagai salah satu obat diabetes alami karena bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian Journal of Ethnic Foods yang menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar gula darah tanpa menurunkan kadar insulin sehingga bisa mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Untuk memperoleh manfaatnya, jahe bisa dikonsumsi dengan memasukkan irisan jahe tipis-tipis dalam masakan atau diseduh menjadi teh. Selain itu, penderita juga bisa mengonsumsinya sebagai suplemen dalam bentuk kapsul.

6. Daun Sirsak

Tidak hanya buahnya yang menawarkan rasa segar dan manis, daun sirsak juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami. Pasalnya, ekstrak daun sirsak mengandung polifenol dan flavonoid yang bersifat antihiperglikemik, yaitu mengurangi laju pemecahan gula dari makanan sehingga menjadi lebih sederhana, seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

Hal tersebut memberikan pankreas lebih banyak waktu untuk memproduksi insulin yang cukup guna membantu penyerapan gula darah. Alhasil, kadar gula darah pun bisa terjaga. Daun sirsak dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti minum air rebusan daun sirsak, merebus daun sirsak dengan campuran herbal lain dan madu, atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas daun sirsak untuk menurunkan kadar gula darah pada manusia. Jadi, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun sirsak sebagai obat alami.

7. Daun Sage

Sage adalah tanaman herbal yang masih satu famili dengan oregano, daun basil, rosemary, dan thyme. Selain kerap digunakan untuk meningkatkan aroma pada masakan, sage juga punya fungsi penting untuk kesehatan.

Dari hasil studi menunjukkan bahwa ekstrak sage efektif mengurangi kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dengan efek yang sama seperti obat anti-diabetes. Selain itu, daun sage yang dijadikan teh dan dikonsumsi seperti minuman pada umumnya ini bisa bertindak seperti metformin, yaitu obat untuk mengontrol gula darah.

8. Daun Kelor

Daun kelor merupakan daun asal India yang telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Daun ini dikenal kaya akan antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral.

Kelor mengandung asam klorogenik yang telah terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Penderita Diabetes Perlu Hindari Sayuran Ini

Selain asam klorogenik, senyawa isothiocyanate yang terkandung dalam daun kelor juga mampu memberikan perlindungan alami terhadap diabetes. Daun kelor juga memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah dan kadar insulin pada pasien dengan diabetes.

9. Daun Mangga

Kebanyakan orang menyingkirkan daun mangga karena dianggap tak bermanfaat. Tapi pada kenyataannya, daun mangga, terutama air rebusannya, punya manfaat untuk mengatasi banyak penyakit. Dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi seperti pektin, serat, dan vitamin C. Nutrisi ini akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, air rebusan daun mangga akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, melancarkan distribusi glukosa dan menstabilkan tingkat gula darah. Untuk membuatnya, rebus 15 lembar daun mangga segar dengan 100-150 mililiter air. Diamkan air rebusan semalaman dan minum saat sarapan.

10. Daun Salam

Daun salam yang memiliki cita rasa dan aroma gurih banyak digunakan untuk teh. Teh daun salam bermanfaat bagi tubuh dengan caranya sendiri yang cukup unik. Melansir Healthline, manfaat rebusan daun salam dalam bentuk teh dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Pakar kesehatan mengatakan hal ini karena selain mendukung kesehatan jantung, konsumsi daun salam juga dapat membantu mengatur dan menurunkan tekanan darah.

11. Daun Kari

Berdasarkan hasil penelitian, daun kari kaya akan senyawa seperti alkaloid, glikosida, senyawa fenolik, linalool, alpha-terpinene, hingga caryophyllene yang berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Dengan mengonsumsi daun kari dalam menu makanan sehari-hari, gula darah Anda bisa jauh lebih terkontrol sehingga efektif menekan risiko penyakit diabetes. Manfaat lain daun kari cukup efektif untuk melindungi sel pankreas dari insulin supaya terhindar dari kerusakan organ akibat kadar gula berlebih. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS