14 Orang Dinyatakan Positif COVID-19 di Kota Baubau

Harjum Ntry

Reporter Baubau

Senin, 28 Juni 2021  /  4:20 pm

Warga masyarakat terapkan prokes dengan memaki masker. Foto: Repro google.com

BAUBAU, TELISIK.ID - Pekan ini jumlah kasus COVID-19 di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus mengalami peningkatan.

Data dari Satgas COVID-19 Sultra, Minggu (27/6/2021), di Kota Baubau, 13 orang dinyatakan positif dan 1 orang dinyatakan sembuh.

Dengan adanya tambahan data tersebut, kasus positif COVID-19 di Kota Baubau sebanyak 72 orang.

Jika diakumulasikan, kasus positif sampai dengan saat ini mencapai 1277 orang. Dari jumlah tersebut, 1175 dinyatakan sembuh, 30 orang meninggal, dan 72 orang sedang dalam proses perawatan.

Baca Juga: Pemda Bombana Butuh 16.721 Dosis Vaksin COVID-19 Tahap II

Menanggapi hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau yang di Wakili oleh Kepala Seksi Survailens dan Imunisasi, Musida, S.KM, membenarkan bahwa akhir-akhir ini kasus COVID-19 di Kota Baubau mengalami peningkatan.

"Jadi peningkatannya selama satu Minggu terakhir ini sangat signifikan, setelah dilakukannya tracing di temukannya beberapa orang positif," ujarnya kepada Telisik, Senin (28/6/2021).

Beda halnya dengan data Satgas COVID-19 Sultra, Musida menjelaskan, jumlah data terakhir pasien positif Covid di Kota Baubau 54 orang, dari tambahan 14 orang hari minggu kemarin.

Sehingga total keseluruhan positif 1273, 1193 dinyatakan sembuh, 30 orang meninggal, dan 54 orang sedang dalam perawatan.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di Dusun Wuta Mohute Wakatobi, 24 KK Andalkan Air Hujan

Lebih lanjut, ia menjelaskan, adanya peningkatan ini salah satunya disebabkan oleh kontak langsung keluarga pasien terhadap pasien positif.

"Hal ini terjadi pada klaster kelurga, satu dari luar, masuk berhubungan dengan keluarga akhirnya semua positif," jelasnya.

Musida berharap kepada masyarakat Kota Baubau agar selalu mematuhi protokol kesehatan, dengan menerapkan 3 M dan ikut serta melakukan vaksinasi COVID-19. (B)

Reporter: Harjum Ntry

Editor: Fitrah Nugraha