Bawaslu Muna Barat Catat 78 Pendaftar Calon Panwascam Pilkada

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 08 Mei 2024
0 dilihat
Bawaslu Muna Barat Catat 78 Pendaftar Calon Panwascam Pilkada
Bawaslu Muna Barat melakukan proses pendaftaran bagi calon Panwascam Pilkada 2024. Foto: Ist.

" Bawaslu Muna Barat mencatat ada 78 pendaftar Panwascam Pilkada 2024 yang akan mengikuti tes selanjutnya "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pendaftaran Panwascam di delapan kecamatan yang ada di Muna Barat resmi ditutup. Bawaslu Muna Barat mencatat ada 78 calon Panwascam yang akan mengikuti tes selanjutnya.

Diketahui, Bawaslu Muna Barat membuka pendaftaran Panwascam melalui dua metode yaitu secara existing dan pendaftar baru.

Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi bagi 33 Panwascam existing atau Panwascam yang telah bertugas di Pemilu 2024 lalu.

Kemudian, dibuka perekrutan calon pendaftar baru untuk kebutuhan bagi 11 orang yang tersebar di delapan kecamatan, yaitu 1 orang di Kecamatan Kusambi, Sawerigadi, Tiworo Kepulauan, Tiworo Kepulauan, Maginti, dan Tiworo Tengah, sementara di Kecamatan Tiworo Selatan, Tiworo Utara, dan Lawa sebanyak 2 orang.

Untuk itu, berdasarkan dari data Pokja Perekrutan Panwascam Pemilihan 2024, Bawaslu Muna Barat mencatat pendaftar mencapai 78 orang, yakni di Kecamatan Lawa menjadi pendaftar terbanyak.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Buka Perekrutan Panwascam Pilkada 2024 dengan Dua Kategori

"Tidak ada lagi perpanjangan pendaftaran karena telah memenuhi kebutuhan termasuk pendaftar keterwakilan perempuan," ujarnya, Rabu (8/5/2024).

Selanjutnya, Bawaslu Muna Barat akan melakukan verifikasi berkas pendaftar kemudian akan dilakukan pengumuman administrasi pada 12 Mei 2024. Bagi yang lolos akan mengikuti tes tertulis pada 13-14 Mei mendatang.

Mereka yang dinyatakan lolos tes tertulis dengan mekanisme dua kali kebutuhan, akan lanjut melakukan seleksi wawancara pada 18-20 Mei 2024 serta pengumuman kelulusan sesuai kebutuhan Panwascam di tiap kecamatan pada 23 Mei 2024.

Sementara itu, Koordinator Divisi hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Bawaslu Muna Barat, La Ode Muhammad Karman mengatakan, pendaftaran yang dilakukan oleh pihaknya terbuka, sehat, dan membuka ruang seluas-luasnya untuk masyarakat Muna Barat berpartisipasi sebagai penyelenggara Pilkada 2024.

"Terbuka untuk masyarakat, tidak ada titip-titipan, tidak ada orang dalam, yang jelasnya kami mengutamakan transparansi dan akuntabel," pungkasnya.

Baca Juga: Rawan Money Politics, Bawaslu Muna Barat Ingatkan Panwascam Bekerja Profesional

Jumlah pendaftar baru calon anggota Panwascam untuk Pilkada tahun 2024, yaitu di Kecamatan Lawa sebanyak 21 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan perempuan 10 orang.

Kemudian di Kecamatan Tiworo Utara 17 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan, Kecamatan Kusambi sebanyak 9 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 1 perempuan, Kecamatan Tiworo Selatan sebanyak 9 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 2 perempuan.

Selanjutnya, Kecamatan Sawerigadi sebanyak 8 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 2 perempuan, Kecamatan Maginti sebanyak 7 orang terdiri dari 4 laki-laki dan 3 perempuan, Kecamatan Tiworo Tengah sebanyak 4 orang terdiri dari 3 laki-laki dan 1 perempuan, serta Kecamatan Tiworo Kepulauan sebanyak 3 orang terdiri dari 2 laki-laki dan 1 perempuan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga