19 Kondisi Psikologis yang Sering Dialami, Tapi Jarang Diketahui

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Rabu, 31 Agustus 2022  /  8:03 pm

Chrysalism adalah perasaan takut dan khawatir ketika ada petir, meskipun kamu sudah berada dalam kondisi yang aman. Foto: Repro gaya.id

KENDARI, TELISIK.ID - Pernahkah kalian merasakan sesuatu, perasaan berupa perasaan senang, kesal, sedih, frustasi dan kadang datangnya tiba-tiba, padahal kalian sama sekali tak memilki masalah apapun. Ternyata di dalam ilmu psikologi, beberapa dari perasaan-perasaan tersebut ada sebutannya.

Dikutip dari unifers.unifa.ac.id dan ayosemarang.com, berikut ini beberapa istilah psikologi yang menggambarkan perasaan manusia, antara lain:

1. Accismus

Accismus merupakan istilah retoris untuk rasa malu, suatu bentuk ironi di mana seseorang berpura-pura tidak tertarik pada sesuatu yang sebenarnya diinginkannya. Misalnya adalah kondisi di mana kamu berpura-pura tidak menyukai seseorang, padahal kamu amat menyukainya.

2. Lethologica

Hampir semua dari kita sepertinya pernah lupa dengan kata yang ingin diucapkan. Bisa karena dipotong di tengah pembicaraan, teralihkan dengan kejadian sekitar, atau bahkan tidak ada pemicu apa-apa. Dalam ilmu psikologi kasus ini disebut Lethologica. Tiba-tiba lupa apa yang ingin dibicarakan, padahal sudah ada di otak.

3. Jouska

Jouska merupakan kondisi psikologis di mana kamu berbicara dengan diri sendiri di dalam pikiranmu dan hanya kamu sendiri yang tahu. Jouska dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan istilah berdistraksi.

4. Munchausen

Disaat kita merasa sedang diabaikan oleh seseorang, kita biasanya akan berusaha mencari cara mendapatkan perhatiannnya kembali. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah berpura-pura sakit atau sedih. Jika kamu melakukan ini demi mendapatkan perhatian, berarti kamu sedang Munchausen.

5. Kenopsia

Kenopsia merupakan kondisi psikologis dimana kamu merasa sangat kesepian di tempat yang ramai, berisik dan penuh dengan orang.

Baca Juga: 7 Posisi Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

6. Erotomania

Pernahkah kamu mendapati seseorang mencuri-curi pandang ke arahmu sambil tersenyum? Lalu kemudian, kamu kegeeran dan mulai yakin orang tersebut sangat tertarik denganmu. Jika keyakinanmu benar, maka selamat. Tapi bagaimana jika tidak? Hem, sepertinya kamu sedang mengalami Erotomania, yaitu keyakinan bahwa seseorang jatuh cinta kepadamu, padahal sih sebenarnya tidak.

7. Vellichor

Dikutip dari buku berjudul Review of Fellow Creatures: Our Obligations to the Other Animals yang ditulis oleh John Koenig, vellichor merupakan kesedihan aneh dari toko buku bekas yang entah bagaimana diresapi dengan berlalunya waktu, dipenuhi dengan ribuan buku tua yang tidak akan pernah anda baca.

Masing-masing terkunci di zamannya sendiri, terikat dan diberi tanggal dan ditempel seperti sebuah ruangan tua yang ditinggalkan penulis bertahun-tahun yang lalu, paviliun tersembunyi yang dipenuhi dengan pikiran yang tersisa seperti pada hari mereka ditangkap.

Bagi kamu yang suka membaca novel, wattpad dan komik pasti pernah kan sampai terbawa suasana seperti bahagia, sedih, takut bahkan panik. Nah, kondisi psikologis itu namanya vellichor.

8. Altschmerz

Sebutan ini untuk kamu yang khawatir akan hal yang sama terus-menerus sampai membuatmu tidak tertarik lagi akan hal tersebut. Tapi, kamu tetap saja mengkhawatirkan hal itu.

9. Lacheism

Lacheism merupakan kondisi dimana kamu ingin merasakan kecelakaan maut, tetapi tidak sampai meninggal. Seperti misalnya, kapal tenggelam di laut lepas, kecelakaan pewasat terbang dan lain-lain.

10. Adronitis

Sebutan ini untuk kamu yang sedang frustasi karena tidak bisa mengenal lebih dekat dengan seseorang yang sudah lama kamu kenal.

11. Kuebiko

Pernahkah kamu merasa tidak berdaya dan putus asa untuk menghentikan kejahatan yang terjadi di dunia ini? Jika pernah, berarti kamu mengalami Kuebiko.

12. Liberosis

Ini merupakan sebutan ketika muncul keinginan di dalam dirimu untuk sama sekali tidak memedulikan suatu hal tertentu yang sedang terjadi.

13. Onism

Baca Juga: Kenali Risiko dan Cara Pencegahan Kanker Payudara

Ketika kamu merasa sangat bosan menunggu keberangkatan pesawat, menunggu keberangkatan  kereta, atau menunggu apapun yang harusnya dilakukan tepat waktu, maka kamu sedang merasakan Onism.

14. Occhiollism

Ini merupakan sebutan untuk kemampuan kamu melihat suatu hal secara detail dari pandangan pribadi. Misalnya, kamu melihat bentuk jerapah di awan.

15. Sonder

Ketika kamu merasakan munculnya anggapan dalam dirimu bahwa setiap orang pasti mempunyai kehidupan yang rumit, serumit hidupmu. Maka, itu berarti kamu sedang berada dalam kondisi yang disebut Sonder.

16. Rubatosis

Pernah tiba-tiba merasa kamu bisa menghitung detak jantungmu? Jika ya, berarti kamu berada dalam kondisi Rubatosis. Kondisi ketika kamu sadar dan bisa menghitung jumlah detak jantungmu sendiri.

17. Vemodallen

Kamu emosi karena hasil fotomu selalu sama dengan hasil foto orang lain dari objek yang sama. Itu berarti kamu sedang mengalami Vemodallen. Kondisi di mana kamu merasa frustasi terhadap hasil gambar yang dianggap selalu sama dengan milik orang lain

18. Vellichor

Jika kamu sedang membaca buku, kemudian kamu terhanyut dengan tulisan yang ada di dalamnya dan ikut terbawa emosi ceritanya, itu berarti kamu sedang merasakan Vellichor.

19. Chrysalism

Apakah kamu takut ketika mendengar petir? Bisa jadi kamu sedang mengalami Chrysalism, yaitu perasaan takut dan khawatir ketika ada petir, meskipun kamu sudah berada dalam kondisi yang aman. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

TOPICS