7 Posisi Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 30 Agustus 2022
0 dilihat
7 Posisi Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan
Posisi jerawat ternyata bisa menunjukkan masalah kesehatan seseorang. Foto: Repro grid.id

" Ternyata posisi jerawat bisa menentukan kondisi kesehatan tubuhmu. Sebaiknya jangan dipencet, lebih baik tanyakan pada dokter cara untuk menghilangkannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Jerawat menjadi masalah kulit yang umum terjadi pada siapa saja. Tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang enak dipandang, jerawat di wajah juga mengurangi rasa percaya diri.

Ternyata posisi jerawat di wajah bisa menunjukkan masalah atau gangguan kesehatan pada organ tubuh seseorang. Memang, umumnya penyebab jerawat adalah penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh produksi minyak atau sebum berlebih dan penumpukan sel kulit mati.

Dikutip dari halodoc.com dan sehatq.com berikut ini arti posisi jerawat yang bisa menunjukkan masalah kesehatan.

1. Jerawat di telinga

Jarang terjadi, tapi jerawat yang muncul di telinga memang sangat mengganggu. Area telinga terhubung dengan ginjal, jadi, jika muncul jerawat di area ini, bisa jadi asupan cairan tubuh belum terpenuhi. Mungkin juga, kamu sering minum kopi atau konsumsi minuman bersoda.

2. Jerawat di hidung

Hidung terhubung dengan jantung, jadi, jika kamu punya jerawat yang tumbuh di area hidung, artinya ada masalah kecil yang terjadi dengan organ jantungmu. Bisa juga, ini terjadi karena kamu hobi konsumsi daging dan makanan pedas. Tidak hanya itu, area ini penuh dengan pori-pori yang lebar, yang berarti riasan yang tidak dibersihkan dengan baik juga memicu terjadinya jerawat di sini.

3. Jerawat di sekitar garis rambut

Arti jerawat di sekitar garis rambut bisa menandakan masalah atau gangguan pencernaan yang memicu stres. Selain itu, sebagian besar tanda letak jerawat di area garis rambut adalah penggunaan produk rambut dengan bahan-bahan tertentu yang kurang sesuai dengan kulitmu. 

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Hijau yang Sayang Dilewatkan

Pria yang menggunakan minyak atau gel rambut serta pomade cenderung memiliki jerawat di sekitar garis rambut. Apa alasannya? Minyak rambut berisiko menghalangi sebum yang dikeluarkan oleh pori-pori. Akibatnya, terjadi penyumbatan dan muncul jerawat. 

4. Jerawat di antara kedua alis

Menurut pengobatan Tiongkok, arti letak jerawat di antara kedua alis berkaitan dengan kondisi batu kandung kemih dan hati. Ini bisa jadi karena kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol yang terlalu banyak serta konsumsi makanan olahan dan makanan berlemak yang berlebih. 

Kemunculan jerawat di antara kedua alis juga bisa disebabkan oleh produksi minyak berlebih hingga kondisi rambut yang kotor dan tidak dibersihkan dengan benar. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti makanan tinggi serat yang berasal dari buah-buahan dan sayuran.

5. Jerawat di pipi

Kapan terakhir kali kamu membersihkan ponsel atau membersihkan sisa riasan dengan baik? Ponsel sering bersentuhan dengan pipi, terlebih jika kamu senang sekali berkomunikasi lewat benda ini.

Bahkan, ponsel dinilai menjadi benda paling kotor yang selalu disentuh oleh tangan dan tanpa sadar berinteraksi dengan pipi. Area yang berhubungan dengan pipi adalah sistem pernapasan. Jadi, kamu juga disarankan untuk tidak merokok.

6. Jerawat di dagu dan rahang

Sering muncul jerawat di dagu dan rahang? Ternyata, letak jerawat di dua area ini terkait dengan masalah ketidakseimbangan hormon. Perubahan hormon menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari. Kamu hanya bisa mencegahnya dengan kebiasaan hidup sehat, seperti istirahat cukup, banyak minum air putih, konsumsi buah dan sayuran, dan menjaga kebersihan kulit.

Baca Juga: Terlihat Sepele, Ini 7 Bahaya Mengucek Mata

7. Jerawat di sekitar mulut

Jerawat di sekitar mulut artinya bisa jadi karena konsumsi makanan yang kurang sehat dan bergizi. Selain itu, kemunculan jerawat di atas bibir seringkali dikaitkan dengan gangguan organ pencernaan.

Tak ayal mungkin Anda mengalami perut kembung atau sembelit ketika tanda-tanda jerawat satu ini muncul.

Perbanyak pula konsumsi makanan mengandung serat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan.  Kemudian, arti letak jerawat di atas bibir juga dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon.

Ternyata posisi jerawat bisa menentukan kondisi kesehatan tubuhmu. Sebaiknya jangan dipencet, lebih baik tanyakan pada dokter cara untuk menghilangkannya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga