5 Cara Alami Haluskan Kulit Wajah Secara Permanen

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Sabtu, 19 November 2022  /  3:54 pm

Tiap wanita tentu ingin memiliki kulit wajah halus, karena kulit kusam mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Foto: Repro Nature-e.co.id

KENDARI, TELISIK.ID - Tiap wanita tentu ingin memiliki kulit wajah halus secara alami, karena kulit kusam tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Beragam cara menghaluskan kulit wajah secara alami dapat Anda lakukan dengan mudah, baik melalui perawatan dari luar maupun dari dalam.

Berikut ini 5 cara alami menghaluskan kulit wajah secara permanen dilansir dari berbagai sumber.

1. Masker pepaya dan minyak zaitun

Melansir Fimela.com, enzim papain yang ada dalam pepaya berguna untuk meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai anti oksidan berfungsi untuk menutrisi, melembapkan, dan menghaluskan kulit wajah Anda.

Baca Juga: Tiga Fakta Alasan Dewi Perssik Polisikan Haters

Pepaya bisa menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda. Sedangkan kandungan zat linoleic acid yang ada di dalam minyak zaitun berfungsi untuk menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga menjaga agar kulit tidak kering dan timbul keriput pada usia dini.

2. Masker madu dan lemon

Dikutip dari Merdeka.com, cara menghaluskan kulit wajah secara alami lainnya adalah dengan memanfaatkan lemon dan madu sebagai bahan dasar masker wajah. Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan anti oksidan dan vitamin C.

Lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit. Mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu, Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

3. Masker pisang dan yoghurt

Pisang kaya akan vitamin C yang efektif untuk menghaluskan wajah secara alami. Sedangkan yogurt mengandung kalsium dan zinc. Maka kedua campuran bahan alami ini dapat menghaluskan kulit wajah secara alami.

Cara membuat masker pisang dan yogurt cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 2 sdm yogurt. Campur hingga merata lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga: 6 Cara Atasi Kecemasan dalam Diri Sendiri

4. Mengendalikan stres

Stres rupanya juga memengaruhi kesehatan kulit. Stres yang tidak terkontrol dengan baik bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu munculnya berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, eksim, psoriaris, dan rosacea.

5. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Selain minum air putih yang cukup, untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan tampak awet muda, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk kulit. Misalnya, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan berprotein tinggi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS