7 Bahan Alami Ini Bisa Bersihkan Karang Gigi

Fitrah Nugraha

Reporter

Jumat, 13 Januari 2023  /  3:29 pm

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, diantaranya dengan bahan alami. Foto: Repro alodokter.com

KENDARI, TELISIK.ID - Karang gigi memang tidak berdampak buruk bagi kesehatan, tapi dapat mengganggu penampilan. Makanya penting mengetahui cara menghilangkannya.

Dikutip dari alodokter.com, karang gigi merupakan lapisan seperti kotoran yang mengeras di gigi. Karang gigi sulit dihilangkan meski telah dibersihkan atau disikat berulang kali.

Oleh sebab itu, penanganannya hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Karang gigi umumnya tidak menyebabkan gejala dan keluhan yang mengganggu kesehatan atau fungsi gigi itu sendiri. Akan tetapi, karang gigi yang tidak ditangani dapat menimbulkan masalah pada gigi dan gusi, seperti gingivitis atau radang gusi.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Hilangkan Jerawat

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, diantaranya dengan bahan alami.

Melansir yoursay.id dari situs resmi NDTV, berikut bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan karang gigi:

1. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan yang memiliki cita rasa pedas merupakan sebuah langkah jitu untuk membantu mulut dalam meningkatkan produksi air liur.

Selanjutnya air liur ini dapat mencegah kehadiran sekaligus membersihkan karang gigi dan gusi. Tetapi ingat, konsumsinya tidak boleh terlalu banyak agar tidak mudah sakit perut.

2. Soda Kue 

Ambil soda kue sebanyak satu sendok teh kemudian campur dengan garam dan pasta gigi. Setelah itu, letakan adonan ini di sikat gigi, lalu digosokan secara perlahan di area gusi atau gigi yang dipenuhi oleh karang gigi.

Lakukan kegiatan ini sebanyak dua atau tiga kali seminggu, sehingga semua karang gigi bisa dihilangkan.

3. Lidah Buaya

Ambil satu sendok gel lidah buaya, lalu campur dengan soda kue, teh gliserin, minyak esensial, dan satu gelas air bersih.

Adonan ini bisa kalian pakai untuk membersihkan karang gigi dengan hasil optimal. Apalagi jika dilakukan secara rutin setiap tiga atau empat hari sekali. 

4. Daun beserta Buah Jambu Biji 

Plak atau karang gigi juga bisa dihilangkan dengan daun jambu biji beserta buahnya. Keduanya mempunyai kandungan antiplak, sehingga sangat ampuh dan efektif untuk membersihkan karang gigi. Kunyah kedua bahan alami ini bersama garam secara dua kali sehari dan pilih yang buahnya belum terlalu matang atau masih mentah.

5. Vitamin C 

Makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi seperti tomat, jeruk, pepaya, dan sebagainya biasanya mempunyai sifat antimikroba.

Manfaat dari zat ini adalah dapat menghilangkan bakteri merugikan di mulut dan mencegah penumpukan karang gigi. Karena itu jangan ragu makan buah-buahan tersebut dengan rutin.

Baca Juga: Wanita Harus Tau 5 Posisi Seks yang Disukai Pria

6. Cuka Putih

Sifat antibakteri yang dimiliki oleh cuka putih memiliki khasiat tinggi menghilangkan karang gigi dan plak.

Kandungan asam asetat yang terdapat dalam bahan tersebut juga bisa membantu membersihkan enamel gigi dari ion-ion mineral. Campur dua sendok teh cuka putih dan setengah gelas air, lalu gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali sehari.

7. Kulit Jeruk  

Bahan alami berikutnya yang dapat kalian manfaatkan untuk membersihkan karang gigi adalah kulit jeruk. Ambil bahan ini secukupnya, kemudian gosokan pelan-pelan pada permukaan gigi sekitar dua menit lalu bilas menggunakan air hangat. Jika rutin melakukan kegiatan ini, tidak hanya plak saja yang menghilang, gigi juga bisa terlihat bersih dan lebih putih. 

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa Telisikers manfaatkan untuk menghilangkan karang gigi. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS