Akreditasi B, UNM Batal Jadi Asesor Seleksi Jabatan Sekda Muna

Sunaryo

Reporter Muna

Minggu, 07 November 2021  /  4:10 pm

Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM). Foto: Ist.

MUNA, TELISIK.ID - Seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna sebentar lagi dimulai. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah memberi sinyal agar menyusun persyaratan, termaksud membentuk panitia seleksi (Pansel).

Namun, untuk Pansel terjadi perubahan pada aseseor yang semula menggunakan tim dari Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi tim dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Muna, Budiman Syawal menerangkan, perubahan tim asesor itu dikarenakan UNM terakreditasi B.

Sementara dalam aturan, lembaga yang bisa menjadi asesor untuk seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama harus terakreditasi A.

"Awalnya, kita sudah usulkan UNM, namun BKN tidak memberi rekomendasi, karena akreditasinya B. Terpaksa kita meminta BKN yang menjadi asesor," kata Budiman Syawal, Minggu (7/11/2021).

Sementara itu, Kepala BKPSDM Muna, Sukarman Loke memastikan dalam waktu dekat pendaftaran lelang jabatan sekda akan dibuka.

Ia telah berkonsultasi dengan KASN terkait izin pelaksanaaan seleksi.  

Baca Juga: Soal Pengumuman Mega Proyek, Pemkot Baubau Bakal Digugat

Baca Juga: Gempa Guncang Bolaang Mongondow Selatan

"Tinggal menunggu izin saja, tapi KASN telah memerintahkan untuk membuat persyaratannya," kata Sukarman.

Untuk persyaratan, ia juga akan berkoordinasi dengan Sekda Sultra, Nur Endang Abbas selaku ketua tim pansel. Namun, ia memastikan, persyaratan dan pendaftaran dalam waktu dekat akan diumumkan.

"Begitu izin dari KASN keluar, pendaftaran kita buka," ujarnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha