Beri Bantuan PIP, Tina Nur Alam Harap Bisa Berkontribusi Lebih untuk Pendidikan Sulawesi Tenggara

Aris Mantobua

reporter

Selasa, 19 Juli 2022  /  7:54 pm

Foto bersama setelah penyerahan secara simbolis bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi di SMPN 17 Kendari, dan SMAN 9 Kendari. Foto: Aris Mantobua/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi di SMPN 17 Kendari dan SMAN 9 Kendari, pada Selasa (19/7/2022).

Program Indonesia Pintar (PIP) sendiri merupakan salah satu program bantuan pemerintah yang manfaatnya langsung menyentuh masyarakat. Di awal implementasi, bantuan diberikan berupa uang tunai kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin dalam membiayai pendidikan.

Tina Nur Alam menjelaskan, kegiatan yang dilakukan merupakan pemberian secara simbolis bantuan PIP atau bantun aspirasi dari pemerintah Indonesia melalui Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan.

Bantuan tersebut diberikan kepada siswa/siswi atau pun mahasiswa yang kurang mampu, untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan personal yang tidak dicakup oleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maupun beasiswa.

"Pemberian bantuan PIP ini mencakup 17 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara. Sebanyak kurang lebih 250.000 orang yang akan mendapatkan bantuan PIP. Bukan hanya siswa/siswi tetapi bantuan ini juga kami berikan kepada mahasiswa," kata Tina Nur Alam.

Anggota Komisi X DPR RI, Tina Nur Alam (Kiri) saat menyerahkan secara simbolis bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) jalur aspirasi di SMPN 17 Kendari, dan SMAN 9 Kendari. Foto: Ist

 

Besaran PIP untuk SD masing-masing siswa sebesar Rp 450 ribu per tahun. Sementara SMP dan SMA sebesar Rp 750 ribu dan Rp 1 juta.

"Untuk mahasiswa mendapat beasiswa selama 8 semester yang langsung ditransfer ke rekening kampus. Mahasiswa juga mendapat uang saku Rp 5,8 juta per semester," paparnya.

Anggota Komisi X DPR RI itu, berharap bisa berkontribusi lebih untuk dunia pendidikan Sulawesi Tenggara, terutama kepada siswa/siswi yang mendapat bantuan PIP yang diberikan secara simbolis hari ini, agar bisa digunakan sebaik-baiknya untuk segala bentuk kebutuhan sekolah.

"Bantuan ini kiranya bisa memberikan dampak yang lebih, bagi orang tua maupun siswa agar bisa meningkatkan mutu pendidikan. Semoga program PIP ini terus berkelanjutan agar bisa mencakup seluruh siswa yang membutuhkan," harapnya.

Tempat sama, Wakil Kesiswaan SMPN 17 Kendari yang juga selalu ketua panitia, Asnia mengatakan, apresianya kepada Tina Nur Alam karena telah menghadiri langsung pemberian bantuan aspirasi kepada para siswanya.

Baca Juga: Juara OSN Tingkat Provinsi, Siswa MTs Ummushabri Wakili Sulawesi Tenggara di OSN Nasional

"Alhamdulillah, untuk sekolah kami hari ini mendapatkan bantuan secara langsung dari Tina Nur Alam sebanyak 126 orang. Semoga bantuan yang diberikan ini terus berkelanjutan agar bisa memberikan motivasi kepada anak-anak kami agar terus giat belajar," katanya.

Ia menjelaskan, selain memberikan bantuan kepada siswa, anggota Komisi X DPR RI itu, juga memberikan bantuan berupa pambangunan pagar sekolah yang ada di SMPN 17 Kendari itu.

"Karena Tina Nur Alam menganggap bahwa pembangunan pagar itu merupakan bentuk keamanan sekolah. Alhamdulillah, hari ini beliau langsung memberikan bantuan tersebut kepada kami," jelasnya.

Sementara itu, Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 9 Kendari, Rajatin mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan agenda tahunan yang diberikan langsung oleh Tina Nur Alam selaku anggota Komisi X DPR RI kepada para siswanya.

"Ada dua jenis bantuan yang diberikan setiap tahun di sini, yaitu beasiswa KIP dan PIP. Untuk hari ini penerima PIP sebanyak 43 orang," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya memberikan data siswa sebagai penerima KIP yakni 150 orang dengan jumlah penerima 43 orang. Angka penerima tersebut akan terus bertambah karena saat ini masih dalam tahap pertama.

"Sesuai yang disampaikan tadi, untuk saat ini masih tahap pertama pemberian bantuan. Untuk tahap ke dua akan diberikan pada September nanti. Tidak menuntut kemungkinan semua siswa yang kami usulkan akan menerima bantuan tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Tanoto Foundation Buka Pendaftaran Beasiswa S1 di Sembilan Kampus ini, Cek Syaratnya

Ia berharap agar bantuan yang diberikan kepada siswa-siswinya bisa berkelanjutan supaya bisa memenuhi kebutuhan mereka maupun meningkatkan semangat belajar. (A-Adv)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Kardin